Facebook Masih Jadi Sosial Media yang Paling Sering Dipakai, Diikuti Twitter Instagram dan TikTok

Selasa, 30 Juni 2020 | 18:29
CTV News Toronto

Facebook

Nextren.com - Kegunaan smartphone salah satunya sebagai alat berkomunikasi, pada saat ini komunikasi antara pengguna tidak hanya terjadi pada pesan instan namun sosial media juga.

Sosial media juga telah menjadi tempat populer dan sering digunakan pengguna untuk mencari hiburan selain untuk berkomunikasi.

Seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan TikTok kini menjadi aktivitas yang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup sehari-hari.

TikTok mungkin bisa dibilang menjadi aplikasi sosial media karena ada beberapa fitur yang hampir sama dengan sosial media lain.

Baca Juga: 160 Perusahaan Boikot Iklan di Facebook, Nilai Perusahaan Turun Rp 1025 Triliun

Namun, TikTok mengaku sebagai platform video pendek bukanlah sosial media seperti yang dibicarakan kebanyakan orang.

Tri Indonesia sebagai provider telekomunikasi mencatat saat ini 95% pelanggannya merupakan pengguna smartphone dengan gaya hidup digital yang tinggi dan secara aktif mengakses media sosial media setiap harinya.

Terlebih lagi, rata-rata pengguna 3 (Tri) menggunakan hingga 70% dari kuota yang mereka habiskan setiap harinya untuk berselancar di aplikasi sosial media.

Menyadari besarnya peranan sosial media dalam menghubungkan individu, minat, serta budaya dari berbagai belahan dunia, masyarakat internasional merayakan Hari Sosial Media Internasional setiap tanggal 30 Juni.

Baca Juga: Facebook Hadirkan Dark Mode di Smartphone, Sayang Bukan di Android

Untuk memperingati Hari Sosial Media Internasional tahun ini, Tri Indonesia mendalami 4 aplikasi sosmed terpopuler, yaitu Facebook, Twitter,Instagram, dan TikTok untuk mengetahui mana yang paling banyak digunakan oleh pengguna 3.

Berdasarkan data dari Tri Indonesia,penggunaan Facebook menjadi sosial media yang paling banyak digunakan oleh penggunanya danhampir dua kali lipat dari Instagram yang berada di posisi kedua.

Selain itu, hal menarik lainnya yang menarik adalah penggunaan TikTok.

Sosial media yang relatif baru ini berhasil mendapatkan jumlah pengguna yang besar dalam waktu cepat sehingga mampu membuntuti Twitter dengan selisih jumlah pengguna yang tipis.

Baca Juga: Elon Musk Kabarkan Kemungkinan Bisa Main GTA V di Tesla, Benarkah?

Berdasarkan penggunaan data, Instagram menjadi sosial media yang rata-rata konsumsi data per hari nya paling tinggi.

Tingginya konsumsi data ini didorong oleh durasi penggunaan harian yang tinggi dan basis konten Instagram yang berupa foto dan video.

Di sisi lain, Twitter yang kontennya lebih banyak berbasis teks, memiliki rata-rata konsumsi data per hari yang paling irit dibandingkan Facebook, TikTok, dan Instagram.

Kenaikan lalu lintas data social media di jaringan 3 meningkat pesat sebesar 60% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Tri Indonesia Kerja Bareng Huawei Bangun Data Center Baru dan Siapkan 5G

Agar penggunanya dapat tetap mengakses media sosial dengan lancar, Tri Indonesia telah mengoptimalkan jaringannya dengan teknologi terbaru Caching Solution.

Teknologi ini membantu mempercepat akses pengguna ke beberapa layanan sosial media.

Bersama dengan koneksi 4,5G Pro Tri Indonesia yang diklaim sudah 8x lebih cepat dan tersedia di lebih dari 33.000 desa di Indonesia, pengguna 3 akan dapat menikmati pengalaman terbaik berselancar di media sosial.

Tri Indonesia juga menawarkan berbagai keuntungan kepada pelanggan untuk membantu pelanggan tetap hemat meski kebutuhan untuk berselancar di media sosial semakin meningkat.

Baca Juga: Dengan Dana Rp 30 Ribu, Ini Kuota Data Dari Telkomsel Indosat XL dan 3

Salah satunya ialah paket internet AlwaysOn Unlimited yang memungkinkan pelanggan untuk bebas mengakses aplikasi apa saja mulai dari pukul 01.00 hingga 17.00 di luar kuota reguler yang tersedia.

Paket AlwaysOn Unlimited juga ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pengguna, di mana paket internet tersedia mulai dari Rp 55.000 hingga Rp 80.000 dengan kuota reguler masing-masing 6GB dan 10GB yang aktif sesuai masa berakhir kartu.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya