Usia 25 Tahun Telkomsel di Tengah Pandemi, Kawal Transformasi Digital di Indonesia

Selasa, 26 Mei 2020 | 19:45
telkomsel

Menteri BUMN dalam peringatan ultah ke-25 Telkomsel secara online

Nextren.com – Hari ini operator telekomunikasi Telkomsel telah hadir di tengah masyarakat selama 25 tahun.

Selama perjalanannya, Telkomsel menyatakan membawa perubahan di setiap fase kehidupan bangsa Indonesia.

Di usia 25 tahun ini, Telkomsel memaknai kembali tujuan utama perusahaan untuk terus bergerak maju menghadirkan solusi dan layanan dengan dukungan teknologi.

Tujuannya agar dapat menginspirasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan komunikasi dan beradaptasi dengan setiap perkembangan di berbagai sektor kehidupan.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan dalam keterangannya kepada Nextren (26/5), “Selama 25 tahun, Telkomsel hadir membantu masyarakat untuk mengubah tantangan menjadi peluang, serta beradaptasi dengan berbagai cara baru dalam menjalani setiap fase perkembangan kehidupan."

Baca Juga: Segera Kirim Foto Meteran Listrik PLN Agar Tagihan Listrik Tidak Numpuk

Setyanto memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada masyarakat, khususnya pelanggan setia, mitra, sahabat, pegiat di tiap ekosistem industri, serta para pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel untuk mengisi kehidupan mereka.

Saat ini, Telkomsel hadir melayani lebih dari 170 juta pelanggan dengan infrastruktur jaringan lebih dari 209.000 BTS yang menjangkau lebih dari 95% wilayah populasi Indonesia, hingga ke wilayah terdalam, pulau terdepan, dan wilayah perbatasan negara.

Sejak berdiri, Telkomsel mengimplementasikan teknologi telekomunikasi terdepan, mulai dari pelopor penerapan teknologi GSM berbasis 2G sebagai dasar awal pengembangan industri telekomunikasi di Indonesia.

Selanjutnya memanfaatkan teknologi mobile broadband mulai dari 3G dan 4G LTE sebagai pengembangan lebih lanjut akses telekomunikasi pendukung gaya hidup digital.

Baca Juga: Induk XL Axiata di Malaysia Ingin Caplok Operator Telekomunikasi Lain di Indonesia: Indosat, Smartfren atau 3?

Telah dilakukan pula uji coba teknologi 5G pertama di Indonesia sebagai modal utama dalam membangun Indonesia menjadi bangsa digital secara lebih meluas hingga sektor industri.

Setyanto lebih lanjut mengatakan, dalam setiap fase kehidupan yang dilalui Telkomsel bersama masyarakat selama 25 tahun ini, berbagai tantangan telah dihadapi untuk membuka peluang baru yang berpengaruh pada perkembangan hidup bangsa.

Perubahan ini mendorong Telkomsel tak hanya dalam menyediakan konektivitas, namun juga penyedia layanan untuk menguatkan socio-culture masyarakat dalam beradaptasi dan mengadopsi “the new way of doing things” sehingga menjadi tatanan “the new normal” di setiap fase kehidupan bangsa Indonesia.

Berbekal infrastruktur jaringan tersebut, Telkomsel mengembangkan berbagai Layanan Digital untuk mengakselerasi ekosistem digital yang dapat memberdayakan masyarakat.

Baca Juga: Gratis Streaming Korea dan Film Indonesia di VIU Bagi Pengguna Indosat

Hal itu tercermin dari performa Layanan Digital yang meningkat tajam sebesar 31,2% (YoY).

Beragamnya pilihan produk dan layanan broadband sesuai kebutuhan pelanggan, juga menunjang aktivitas digital masyarakat dalam aktifitas keseharian.

Di segmen consumer market, adopsi gaya hidup digital dengan layanan digital didorong, yang mencakup video, games, musik dan berbagai layanan value added services (VAS) yang customer-centric.

Layanan video streaming MAXstream dikembangkan sebagai platform aplikasi video digital terlengkap dengan mengintegrasikan aplikasi video OTT, saluran linear, serta konten video-on-demand.

Telkomsel juga mendorong perkembangan ekosistem games lewat Dunia Games yang kini telah berhasil berevolusi menjadi platform media, penyelenggara kompetisi esports, penyedia pembayaran, hingga penerbit (publisher) mobile games.

Baca Juga: Kebutuhan Internet Melonjak, 3 Indonesia Tawaran Promo dan Cashback

Sedangkan melalui Langit Musik, kemitraan dengan penyelenggara OTT musik diperluas.

Selain itu, juga turut berkontribusi dalam mendorong inklusi finansial melalui penguatan mobile financial service LinkAja. Dalam setahun terakhir, pengembangan layanan digital untuk segmen pelanggan korporasi (B2B) juga diprioritaskan.

Lewat solusi bisnis Enterprise yang relevan dengan kebutuhan pelaku bisnis, misalnya platform video conference CloudX Meeting dari Telkomsel Enterprise untuk menunjang aktivitas bekerja, belajar, dan bersosialisasi secara fleksibel dari mana saja melalui berbagai macam perangkat.

Untuk segmen korporasi, dihadirkan solusi digital berbasis internet of things (IoT) untuk mengakselerasi modernisasi dan digitalisasi lintas industri, mulai dari korporasi, UMKM, hingga Pemerintahan.

Baca Juga: Jaringan XL Axiata Jelang Lebaran, Streaming Naik 40 Persen Video Call Naik 5 Kali Lipat

Tujuannya untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 lewat penerapan transformasi digital yang tepat guna.

Sedangkan upaya peningkatan kapabilitas industri media periklanan dilakukan lewat layanan Digital Advertising yang didukung bisnis analisa Big Data dari Telkomsel.

Menurut Setyanto, Telkomsel akan semakin serius mengembangkan Bisnis Digital lewat intensifikasi kolaborasi dengan pihak terkait yang bervisi sama.

Sebagai digital telco company, mereka terus mendorong pemanfaatan teknologi untuk membantu mengatasi masalah sosial ekonomi yang paling menantang, serta menciptakan nilai tambah bagi bangsa Indonesia lewat program Corporate Social Responsibility (CSR).

Ada empat pilar program yang didedikasikan untuk memberikan dampak sosial di masyarakat.

Baca Juga: Paket Bundling Realme C3 Tawarkan Bonus Kuota Smartfren Selama 2 Tahun

Pilar Pendidikan untuk meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan dan mempersiapkan keahlian profesi generasi muda Indonesia lewat program IndonesiaNEXT dan T-Perpus (Perpustakaan Digital Telkomsel).

Pilar Masyarakat Digital untuk mendorong penggunaan teknologi secara positif guna mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia lewat program The NextDev dan Internet BAIK.

Pilar Pemberdayaan Masyarakat untuk mendukung pengembangan potensi masyarakat dan usaha lokal (UMKM) lewat penyediaan infrastruktur utama, memperkuat keterampilan dan SDM lewat pelatihan dan pendampingan di program Baktiku Negeriku.

Ada pula program Patriot Desa Digital dan Creative Millennials.

Terakhir adalah pilar aksi Filantropi untuk memberikan bantuan sosial bagi masyarakat dan perbaikan infrastruktur di daerah terdampak bencana hingga fase recovery.

Baca Juga: CloudVoice Indosat Tawarkan Solusi Komunikasi untuk Efisiensi Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19

Memaknai 25 Tahun di Tengah Masa Pandemi

Untuk mensyukuri seperempat abad kehadiran Telkomsel yang bersamaan dengan masa di mana negeri ini sedang berjuang menghadapi tantangan penanganan pandemi COVID-19, kolaborasi bersama para pemangku kepentingan diperkuat.

Kolaborasi tersebut berupa upaya gotong royong bersama Pemerintah RI dan masyarakat yang peduli dalam menghadapi pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) di Indonesia melalui program #DiRumahTerusMaju.

Lewat inisiatif #DiRumahTerusMaju, seluruh aset di ekosistem digital Telkomsel disinergikan dan dioptimalkan dengan bekerja bersama sejumlah Kementerian RI, Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19, BNPB, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, MPR RI, PMI.

Berbagai pelaku industri juga digandeng seperti e-learning, e-health, e-commerce, e-donation dan e-entertainment.

Baca Juga: Pembangunan Jaringan 4G di Luar Jawa Dongkrak Kinerja XL Axiata Tahun 2019

Program CSR pada masa bencana nasional pandemi COVID-19 ini dilakukan dengan berbagai hal, seperti menyediakan bantuan alat ventilator, alat pelindung diri (APD) seperti baju hazmat, thermogun infrared, masker, serta perlengkapan medis lainnya.

Dukungan strategis juga diberikan berupa alat kesehatan dan alat komunikasi bagi sejumlah institusi pemerintahan dan organisasi di berbagai daerah di Indonesia dalam upaya mengatasi pandemi.

Mulai tanggal 26 Mei 2020, dihadirkan paket kuota data 25 GB per bulan senilai Rp10, khusus untuk 10.000 relawan Gugus Tugas COVID-19.

Setyanto menyoroti ultah Telkomsel tahun 2020 ini yang menjadi momen berarti dibandingkan dengan hari jadi di tahun-tahun sebelumnya, karena hampir bertepatan dengan momen suci Ramadan dan Idul Fitri, sekaligus ujian pandemi Covid-19.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya