Nextren.com - Grab Indonesia kali ini meluncurkan beberapa inovasi baru yang berguna untuk para mitra driver mereka.
Dengan adanya pandemi berkepanjangan di Indonesia beberapa layanan di platform Grab tidak bisa digunakan dan ekonomi para driver tidak menentu.
Grab bersama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (Bank BRI) berkolaborasi untuk meluncurkan fasilitas pinjaman bunga ringan untuk driver Grab, merchant GrabFood dan mitra GrabKios.
Pinjaman ini bertujuan untuk meringankan beban finansial driver ojek online yang terkena dampak selama pandemi Covid-19.
Baca Juga: 5 Perubahan Kebiasaan Pengguna Grab Selama Pandemi, Belanja Online!
Selain memberikan pinjaman, Grab juga membantu merchant GrabFood dan mitra GrabKios lewat Kredit Usaha Rakyat (KUR).
KUR adalah program inklusi keuangan pemerintah dan BRI dengan pinjaman sampai sebesar Rp 50 juta dengan suku bunga yang sangat rendah yaitu 6% per tahun serta masa pinjaman selama 1-3 tahun.
Oleh karena itu KUR berguna untuk mendapatkan bantuan finansial yang mereka butuhkan untuk mengatasi tantangan selama pandemi ini.
Merchant GrabFood dan mitra GrabKios akan diproses aplikasinya setelah melalui screening awal yang dilakukan oleh Grab berdasarkan data kinerja mereka.
Baca Juga: Ini Cara Mudah Driver Bisa Akses Grab Academy Lewat Aplikasi
Driver bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan pinjaman sampai sebesar Rp 5 juta dengan suku bunga yang terjangkau dan masa pinjaman selama 24 bulan.
Selama tiga bulan pertama khusus untuk driver Grab dibebaskan untuk membayar cicilan.
Mitra driver juga mendapat keuntungan berupa proses pembayaran pinjaman akan dilakukan harian dengan sistem pemotongan langsung dari dompet digital mitra driver.
Hal yang pertama harus dilakukan driver ialah dengan membuka rekening BRITAMA untuk pinjaman mereka.
Baca Juga: Grab Bantu Driver Dapatkan Literasi Digital Bersama Microsoft
Driver juga akan mendapatkan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% nilai saldo atau maksimum coverage hingga Rp 150 juta.
Untuk tahap awal, 1.000 mitra driver Grab yang berlokasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok Tangerang maupun Bekasi akan dapat mengakses fasilitas pinjaman bunga ringan ini.
Handayani, selaku Direktur Konsumer Bank BRI mengatakan bahwa penyaluran pinjaman ini dilakukan dengan tetap memegang prinsip kehati-hatian dengan melakukan assessment terkait besaran kebutuhan sesungguhnya mitra Grab.
Grab pada GrabFood juga telah mengembangkan Program Bantuan Bisnis Mitra GrabFood, yaitu sebuah program yang berjalan selama tiga bulan untuk membantu mereka melalui masa sulit ini dengan memanfaatkan berbagai perangkat dan layanan GrabFood.
Baca Juga: Berikut Cara Gunakan Fitur Pesanan Terjadwal di Layanan GrabFood
Program tersebut ditujukan untuk mendukung mereka dalam menghemat biaya dan meningkatkan permintaan dari pelanggan.
Terdapat juga program lain yaitu Program Dukungan Merchant yang bisa membantu mereka untuk:
- Menghasilkan pendapatan tambahan melalui peningkatan visibilitas dalam aplikasi, promosi khusus, dan kategori khusus untuk restoran lokal.
- Mengurangi biaya operasional melalui program cashback untuk bahan makanan umum dan diskon pada kemasan makanan.
Baca Juga: Layanan GrabWheels Kini Bisa Disewakan Pengguna ke Rumah Masing-Masing
(*)