Grab Bantu Driver Dapatkan Literasi Digital Bersama Microsoft

Kamis, 30 April 2020 | 14:50

Driver Grab

Nextren.com -Grab merupakan platform transportasi online yang beberapa layananannya dibutuhkan oleh sebagian masyarakat.

Dalam menyambut hari pendidikan nasional yaitu tanggal 2 Mei, Grab berkolaborasi dengan Microsoft.

Kolaborasi tersebut ialah menghadirkan literasi digital untuk para driver.

Menurut studi yang dilakukan oleh McKinsey, pada tahun 2030 sekitar 14% dari tenaga kerja global mungkin perlu mengganti kategori pekerjaan mereka karena digitalisasi, otomasi, dan kecerdasan buatan akan mendisrupsi dunia kerja.

Baca Juga: Layanan GrabWheels Kini Bisa Disewakan Pengguna ke Rumah Masing-Masing

Oleh karena riset tersebut, Grab dikatakan bekerjasama dengan Microsoft untuk mengurangi kesenjangan keterampilan digital dan teknologi dengan program-program yang dirancang khusus.

Layanan tersebut nantinya bisa digunakan driver melalui GrabAcademy yang diperkenalkan sejak September 2018.

GrabAcademy merupakan platform pelatihan online bagi driver Grab yang berkomitmen untuk meningkatkan pengetahuan serta literasi digital mereka dan dikatakan hadir di 234 kota di Indonesia.

Baca Juga: Ini Syarat Memakai Fitur Grab Asisten Untuk Belanja Lewat Hape

Hingga April 2020, sudah lebih dari 379.000 driver dari berbagai kota di Indonesia yang menyelesaikan pelatihan online literasi digital dari Microsoft untuk Subjek 1.

"Keterampilan digital (digital skills) menjadi sangat penting untuk bisa bersaing di tengah masyarakat yang semakin berkembang guna menyiapkan dirinya menghadapi disrupsi akibat Industry 4.0," ujar Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia.

Ia menambahkan pelatihan yang dihadirkan pada GrabAcademy terdapat topik-topik seperti ilmu komputer dasar, cara menggunakan internet dan perangkat lunak penunjang produktivitas.

Grab berharap dengan adanya inovasi ini dapat memberikan driver keterampilan teknologi yang dibutuhkan, agar dapat berkembang dalam ekonomi digital.

Baca Juga: Grab Hadirkan Kampanye Siap Antar Ramadanmu, Dengan 3 Fitur Baru

Program Literasi Digital GrabAcademy dan Microsoft diluncurkan di Indonesia pada Maret 2020 lalu dan terbagi dalam 3 topik utama.

3 topik utama tersebut ialah Akses Informasi Online, Menggunakan Internet dengan Aman dan Bertanggung Jawab, serta Mengelola Konten Secara Digital.

Dalam tiap topik, terdapat beberapa sub-topik yang membahas tentang cara berinternet, melindungi diri dari penipuan online, komputasi awan, cara berinteraksi dalam Microsoft Word, dan lainnya.

Baca Juga: Grab Indonesia Rilis Fitur-fitur Baru, Permudah Aktifitas Ramadhan Saat Pandemi Covid-19

Setelah menyelesaikan pelatihan, driver akan mendapatkan sertifikasi dari Microsoft dan GrabAcademy yang langsung dikirimkan ke dalam e-mail mereka.

Kerjasama Grab dengan Microsoft ini merupakan salah satu langkah awal dalam mempersiapkan para driver untuk dapat terus bersaing di dunia pekerjaan.

"Kami mengundang lebih banyak mitra pengemudi Grab untuk terus memanfaatkan pelatihan online GrabAcademy dan memperkaya pengetahuan mereka," tutup Neneng.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya