Nextren.com - Tahun ini, bulan suci Ramadhan akan kita lalui bersama dalam situasi yang sangat berbeda.
Wabah virus covid-19 telah mengubah cara kita bekerja dan beraktifitas, sekaligus menimbulkan kesulitan ekonomi semua pihak.
Masyarakat terpaksa bekerja, belajar dan beribadah di dalam rumah.
Namun untungnya kini ada berbagai solusi untuk mengurangi kesulitan saat harus terus beraktifitas di dalam rumah.
Untuk merayakan kehangatan Ramadan bagi semua masyarakat sambil tetap menjaga jarak aman, Grab baru saja meluncurkan kampanye nasional tanpa kontak (contactless) pertama di Indonesia, #SiapAntarRamadanmu.
Baca Juga: Facebook Messenger Kids Perluas Jangkauan Hingga 74 Negara di Dunia
Sejak diberlakukan aturan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia, masyarakat Indonesia dituntut untuk bisa beradaptasi dengan the new normal.
Dan kini, kita harus siap beradaptasi khususnya di bulan Ramadan yang biasanya identik dengan kegiatan-kegiatan di luar rumah.
"Melalui kampanye #SiapAntarRamadanmu ini, kami ingin pelanggan tetap merasakan kebahagiaan Ramadan seperti biasanya dengan cara yang lebih aman,” jelas Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia, dalam keterangan tertulisnya kepada Nextren (23/4).
Merchant lokal GrabFood tetap berbisnis
Untuk membantu pelanggan dalam persiapan sahur dan buka puasa serta menggerakkan industri makanan dan minuman selama Ramadan, GrabFood meluncurkan berbagai fitur dan aktivitas baru.
Startup transportasi yang beroperasi di 8 negara Asia Tenggara ini ingin memberikan pengalaman kuliner untuk menciptakan makna kebersamaan dalam Ramadan bagi para pelanggan.
Baca Juga: Film Scooby Doo Berjudul Scoob! Akan Hadir di Digital Platform
Momen kebersamaan Ramadan yang hangat, terutama saat sahur dan berbuka, menjadi landasan mereka dalam merancang berbagai program GrabFood.
"Kami harap inisiatif-inisiatif ini bisa menemani pelanggan selama menjalankan ibadah bulan suci di rumah, juga berkontribusi dalam menjaga roda ekonomi untuk tetap berputar lewat dukungan terhadap usaha kuliner lokal di tanah air, ungkap Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia.
Fitur Pesanan Terjadwal
Fitur terbaru ‘Pesanan Terjadwal’ di GrabFood akan memberikan fleksibilitas pelanggan untuk mengatur waktu pemesanan sesuai kebutuhan, mulai dari dua jam hingga dua hari sebelumnya.
Bukber Maya
GrabFood juga meluncurkan Bukber Maya, sebuah rangkaian acara interaktif yang melibatkan sejumlah publik figur yang akan distreaming secara live kepada pelanggan.
Baca Juga: Yuk Cobain Stiker Terbaru WhatsApp Terkait Pandemi Covid-19!
Melalui Bukber Maya, GrabFood berharap untuk membawa kebahagiaan kepada keluarga selama berbuka puasa, sembari mendukung mitra merchant lokal.
Sementara itu, santapan khas bulan suci yang dihadirkan industri kuliner lokal akan dihadirkan melalui Pasar Ramadan Online dan Paket Beduk Ramadan GrabKitchen di aplikasi GrabFood.
Pelanggan juga dapat berbagi kebahagiaan kepada mitra pengantaran GrabFood lewat memesan menu khusus mitra pengantaran, yang disediakan para mitra merchant GrabFood.
Lewat menu khusus ini, pemesan makanan lewat GrabFood otomatis bisa menyumbang makanan untuk mitra Grab, karena sudah disediakan oleh merchant GrabFood.
Baca Juga: Dianggap Mudah Dibobol, Zoom Umumkan Pembaruan Keamanan Terbaru
Hingga saat ini, lebih dari 3,000 mitra merchant GrabFood telah berpartisipasi dalam inisiatif ini, dengan lebih dari 300,000 menu makanan telah dibeli pelanggan untuk mitra pengantaran GrabFood.
GrabFood dan para mitra merchant juga mengklaim sudah meningkatkan Standar Keamanan Terpadu untuk Layanan Pesan-antar Makanan, seperti penerapan prosedur keamanan dan kebersihan makanan yang lebih ketat, mulai dari tahap penyiapan bahan makanan, pengemasan hingga pengiriman dengan tanda ikon berupa temperatur dan perisai.
Selain mitra merchant, semua mitra pengantaran juga disarankan menjalankan praktik kebersihan secara teratur, seperti selalu mencuci tangan dan membersihkan tas pengantarannya dengan desinfektan, sebelum dan setelah mengantarkan pesanan.
GrabFood juga membagikan 15,000 tas khusus dengan insulator untuk menjaga kualitas dan temperatur makanan dan minuman kepada mitra pengantaran terpilih di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya secara gratis.
Baca Juga: Inilah Tampilan Hape Layar Lipat Xiaomi, Mirip Seperti Z Flip
Fitur SiapAntarBelanjaan
Untuk memastikan seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses kebutuhan mendasar mereka, terutama di bulan Ramadan, Grab telah mengekspansi layanan GrabMart.
GrabMart ini merupakan layanan pengantaran on-demand untuk kebutuhan sehari-hari.
GrabMart diluncurkan di Jakarta pada tanggal 27 Maret dan telah menjangkau 11 kota di Indonesia; Bali, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Manado, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Lampung dan Manado.
Baca Juga: Selama Masa WFH, Trafik Total XL Axiata Naik 18 Persen Trafik Streaming Naik 66 Persen
Fitur SiapAntarSilahturahmi
GrabExpress mendukung pengiriman parsel selama Ramadan. Mengirimkan parsel adalah tradisi Ramadan yang bermakna.
Maka GrabExpress meluncurkan Paket Pengiriman Ramadan, yaitu paket berlangganan hemat untuk pengiriman barang.
Ada pula fitur pengiriman luar kota dan pemesanan via Whatsapp, sehingga akan membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat selama Ramadan,saat mereka melanjutkan aktivitasnya di rumah saja.
Baca Juga: Google Akan Ciptakan Jaringan Terbaru Untuk Menggeser Keberadaan VPN
Fitur GrabAssistant
Menurut Tyas Widyastuti as Head of GrabExpress, Grab Indonesia juga meluncurkan GrabAssistant; yaitu sebuah Layanan concierge on-demand milik Grab.
Lewat GrabAssistan ini, pelanggan dapat meminta bantuan mitra pengantaran untuk menangani kebutuhan mendesak atau membeli beragam produk di toko-toko apapun, yang diinginkan pelanggan.
Pembayaran dilakukan kepada mitra pengantaran setelah barang tiba di tujuan.
Fitur SiapAntarKedekatan dan SiapAntarKemudahan
Fitur ini membantu masyarakat Indonesia tetap dekat dengan sanak saudara walau terpisah secara jarak.
Baca Juga: Oppo A52 Hadir di Cina Dengan Quad Kamera dan Baterai 5.000mAh
Untuk membantu masyarakat Indonesia tetap terhubung satu sama lain saat mereka tidak bisa bertemu secara fisik, Grab menyediakan penawaran pembelian pulsa dan paket data meliputi Telkomsel, Indosat, XL, Axis, Tri & Smartfren.
Beberapa paket data pilihan yang direkomendasikan selama bulan Ramadan ini termasuk:
- Telkomsel – Paket Single Zone 4.5GB, Paket Data Rp50.000 dan Data 12GB + 2GB OMG!
- Tri – Paket Mix Small 3GB 24jam dan Mix Small 2.75GB
- Axis/XL – Paket Bronet Owsem 1GB + 1GB (4G), Paket Xtra Combo 5GB (2G/3G/4G) + 5GB (YouTube) dan Paket Xtra Combo 10GB (2G/3G/4G) + 10GB (YouTube)
- Smartfren – Paket Unlimited Rp75.000
- Indosat – Paket New Freedom 8GB
Baca Juga: Jelang Ramadhan, Instagram Hadirkan AR FIlter Dengan Konten Menarik
Kirim uang lewatGrabKios
Karena mudik dilarang tahun ini, pelanggan dapat mengirimkan uang THR ke sanak saudara di kampung halaman lewat warung GrabKios terdekat dari rumah.
Pelanggan bisa dengan mudah mencari lokasi warung GrabKios terdekat dan informasi tersebut akan bisa diakses mulai tanggal 5 Mei di widget aplikasi Grab.
Mereka hanya perlu menghubungi nomor telepon yang tertera untuk memberikan informasi alamat rumah dan rekening bank tujuan, maka mitra GrabKios akan datang ke rumah untuk mengambil uang tunai yang akan dikirimkan ke keluarga.
Mitra GrabKios akan memastikan transaksi tanpa kontak dengan pelanggan dan menyiapkan wadah yang aman untuk menyimpan uang tunai dari pelanggan.
Fitur Kirim Uang ini bisa melakukan transfer ke semua rekening bank.
Kerabat di kampung halaman pun tetap bisa merasakan kebahagiaan yang telah dibagikan, walaupun tidak saling bertatap muka.
"kami berusaha mengantarkan Ramadan bagi mereka lewat peluang meraih pendapatan selama masa Ramadan, tidak hanya bagi pelanggan kami, tetapi juga bagi mitra merchant dan mitra pengantaran,” tutup Neneng.