5 Cara Menghindari Tertular Virus Covid-19 di Rumah Untuk Barang Belanjaan dan Paket Online

Sabtu, 11 April 2020 | 16:00
iPaymu

Belanja online sistem COD

Nextren.com - Wabah virus covid-19 memaksa masyarakat untuk hidup lebih sehat dan disiplin, agar terhindar dari penularan virus yang sangat menular ini.

Tak hanya badan yang harus bersih, tapi kebersihan rumah, makanan, hingga barang belanjaan harus diperhatikan.

Apalagi di saat pandemi virus covid-19 seperti saat ini, warga makin sering belanja secara online.

Terkait dengan kebersihan, seorang Dosen medicinal biochemistry dari Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, Husnawati, MSi menganjurkan masyarakat agar menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) dalam segala aspek untuk mencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga: Belanja Online Produk dan Service Resmi Xiaomi Bisa di Rumah Saja

Memang tak semua hal bisa dikontrol kebersihannya, seperti barang belanjaan dari tukang sayur, minimarket atau barang yang dibeli secara online.

Husnawati yang juga berprofesi sebagai dokter umum itu memberikan tips untuk menjaga kebersihan barang-barang yang datang dari luar, misalnya paket barang online, belanjaan, pesanan makanan, dan lainnya.

1. Akan masuk rumah

Saat akan masuk rumah, semua barang yang dibawa dari luar harus dianggap punya risiko terkontaminasi virus.

Jadi perlu untuk segera dibersihkan, sebelum disentuh oleh orang lain yang ada di rumah.

Baca Juga: Ini Materi Belajar di TVRI Hingga 3 Bulan, Untuk Siswa Yang Sulit Akses Internet

2. Barang yang awet

Barang-barang yang bersifat awet seperti detergen, atau makanan ringan dengan kemasan plastik dan tidak harus segera dipakai, maka dianjurkan untuk ditaruh di tempat yang jarang dijangkau tangan lalu dibiarkan selama tiga hari.

Menurut Husnawati dalam keterangan tertulis di situs IPB, Kamis (9/4/2020), sebenarnya di bahan-bahan plastik, half life-nya virus SARS-COV2 itu sekitar 16 jam dan detection limit sampai 72 jam.

"Jadi, amannya dengan membiarkan tanpa disentuh selama tiga hari, insya Allah kalau ada virus yang nempel di barang-barang tersebut, virus akan hilang,” papar Husnawati.

Baca Juga: TikTok Sumbang RP 100 Miliar Untuk Penanganan Covid-19 Indonesia, Inilah Sumber Pendapatannya

3. Barang tidak tahan lama

Adapun untuk barang-barang yang sifatnya tidak tahan lama, seperti sayur dan buah, sebaiknya segera dicuci dengan sabun cuci food grade, yang aman untuk buah dan sayur.

4. Makanan GoFood atau GrabFood

Berikutnya untuk makanan siap saji atau delivery yang dibeli di warung makanan atau restoran, disarankan untuk dipanaskan lagi.

Pemanasan bisa menghancurkan protein, termasuk protein selubung virus.

Baca Juga: GoRide Hilang Selama PSBB, Tak Hanya di DKI Tapi Seluruh Jabodetabek

5. Aktifitas di luar rumah

Jika harus beraktivitas ke luar rumah, barang-barang yang dibawa seperti tas, ponsel dan jam tangan sebaiknya rutin dibersihkan.

Caranya dengan dilap pakai tisu basah yang diberi antiseptik.

"Disinfektan spray jangan dipakai karena jika terhirup dapat mengiritasi mukosa saluran nafas dan berisiko menyebabkan kanker paru,” kata Husnawati.

Dengan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat ditambah mencegah kontaminan dari luar, maka sudah sangat cukup untuk mencegah virus COVID-19 beredar di rumah.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya