Akibat Orderan Fiktif Rp 2,7 Juta, Grab Ganti Rugi Lalu Blokir Pemesannya

Kamis, 09 April 2020 | 19:45
thestar.com.my

Ilustrasi pesanan GrabFood

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Kemarin, terdapat informasi belasan orderan fiktif yang menimpa belasan driver Grab ke alamat palsu, (8/4).

Alamat palsu tersebut ialah alamat rumah Wilandini yang diketahui berada di daerah Ciledug kota Tanggerang.

Wilandini dalam akun Instagramnya menceritakan detail kejadian driver Grab yang beruntun mendatangi rumahnya dengan membawa pesanan yang ia tidak pesan.

Pesanan yang datang ke rumah Wilandini totalnya mencapat harga 2,7 juta rupiah dan pada pesanan pertama uang diganti oleh Wilandini yang tidak tega atau iba.

Baca Juga: Viral Order Fiktif ke 11 Driver Grab, Kirim Makanan Hingga Rp 2,7 Juta

Berdasarkan Stories Instagram Wilandini, perempuan tersebut sudah melaporkan masalah yang dialami pada 7 April ke pihak Grab.

Dalam laporannya, ia meminta alamat rumahnya diblokir oleh pihak Grab sehingga driver dengan orderan fiktif tidak datang lagi ke rumahnya.

Pihak Grab, melalui Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia menanggapi permasalahan tersebut.

Baca Juga: Cara Mudah Bagi Ojol Ajukan Uang Ganti ke Grab Jika Mendapat Order Fiktif

"Setelah menelusuri informasi yang kami terima dan mengumpulkan bukti-bukti yang akurat, pihak Grab telah menghubungi pelanggan (Wilandini) untuk membantu mengatasi masalah yang dialaminya," jelas Hadi kepada Nextren, Kamis (9/4).

Hadi juga menambahkan ia sudah membayar ganti rugi yang dikeluarkan oleh Wilandini akibat ulah yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Grab pun mengambil langkah tegas dengan menonaktifkan akun pengguna Grab yang digunakan untuk order fiktif.

Baca Juga: TikTok Sumbang RP 100 Miliar Untuk Penanganan Covid-19 Indonesia, Inilah Sumber Pendapatannya

Bagi para driver yang terkena order fiktif, Grab menyarankan untuk menggunakan jalur komunikasi langsung yang disediakan oleh Grab.

Dan bisa dicari langsung pada link website Grab Indonesia atau menelfon customer service Grab agar lebih cepat.

Syarat agar penggantian uang bisa terwujud ialah jika ada foto struk pembelian dan foto driver bersama makanan yang dijadikan barang bukti.

Baca Juga: Ini Dua Skema Keringanan Untuk Driver Grab yang Kesulitan Bayar Cicilan Karena Pendapatannya Anjlok

Hadi berkata jika penelusuran dari pihak GrabFood sudah menunjukan bukti-bukti yang akurat, sesuai dengan standar operasional prosedur Grab akan menghubungi mitra yang bersangkutan

Dengan kejadian ini, Grab berharap driver bisa memilih pesanan yang menggunakan layanan atau pembayaran non tunai serta pengantaran tanpa kontak sebagai bagian dari standar keamanan terpadu layanan pesan antar makanan GrabFood.

Untuk tanggapan dari Wilandini sendiri, saat ini Nextren masih menunggu konfirmasinya dan pastinya akan wartawan Nextren kabarkan jika sudah mendapat jawabannya.

Baca Juga: Grab Siapkan 1.000 GrabBike dan GrabCar Untuk Bantu Tenaga Medis

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya