Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com -Dengan adanya kejadian viral yang terjadi pada pemiliki akun Instagram Wilandini, driver Grab harus siap ketika menerima orderan fiktif.
Diketahui Wilandini menerima belasan pesanan yang bukan ia pesan, melainkan orang lain yang memakai alamatnya.
Pesanan tersebut ditotalkan sekitar 2 jutaan rupiah, dari pihak Grab pun mengatakan uang tersebut sudah diganti.
"Telah melakukan pembayaran ganti rugi secara penuh atas biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan (Wilandini) akibat ulah tidak bertanggung jawab," jawab Hadi Surya Koe, Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia dikutip dari KompasTekno, (8/4).
Baca Juga: Viral Order Fiktif ke 11 Driver Grab, Kirim Makanan Hingga Rp 2,7 Juta
Untuk driver sendiri yang sudah mengeluarkan uangnya namun tidak mendapat pengembalian, Grab memiliki jalur komunikasi yang bisa digunakan secara mudah.
Pertama, driver sebelum membeli pesananan makanan harus menghubungi pelanggan tersebut terlebih dahulu.
Yang kedua, pastikan menghubungi kembali pelanggan ketika driver ingin mengantar makan ke alamat tujuan.
Baca Juga: Ini Dua Skema Keringanan Untuk Driver Grab yang Kesulitan Bayar Cicilan Karena Pendapatannya Anjlok
Driver harus memastikan struk belanja jangan sampai hilang, harus tetap disimpan hingga pesanan sudah aman di tangan pelanggan.
Jika pelanggan tidak bisa dihubungi sama sekali dan terindikasi orderan palsu, driver bisa langsung klik tombol selesai di lokasi pengantaran pada aplikasi.
Setelah itu driver bisa mengambil foto barang bukti seperti foto struk pesanan dan foto driver dengan makanan yang dipesan.
Baca Juga: Hadapi Wabah Corona, Pengiriman Barang di Lazada Diperketat Termasuk Dari China
Ketika barang bukti sudah lengkap, driver bisa mengupload dan masukan sesuai form dibawah kedua foto tersebut.
Selengkapnya kamu bisa lihat di sini.
Dari kejadian Wilandini pun pihak Grab mengambil langkah tegas dengan menonaktifkan akun pengguna Grab yang digunakan untuk order fiktif.
Baca Juga: Grab Siapkan 1.000 GrabBike dan GrabCar Untuk Bantu Tenaga Medis
Hadi pun mengatakan pihak GrabFood akan melakukan peninjauan ulang terkait aktivitas pelanggan.
Ia menambahkan jika penelusuran dari pihak GrabFood sudah menunjukan bukti-bukti yang akurat, sesuai dengan standar operasional prosedur Grab akan menghubungi mitra yang bersangkutan.
Dan setelah itu Grab pun akan segera menetapkan proses ganti rugi secara penuh untuk mitra driver.
Baca Juga: Gojek Bagikan 1 Juta Voucher Makan Tiap Minggu Untuk Mitra Driver
(*)