Facebook Berikan Strategi Menghadapi Situasi Wabah COVID-19 Untuk UMKM dan Brand

Kamis, 26 Maret 2020 | 17:00
Greatist

Ilustrasi bermain hape saat sedang berolahraga

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Facebook pada hari ini umumkan hasil survei mereka yang dilakukan oleh Kantar ke 951 responden di Indonesia.

Survei tersebut dilakukan untuk memahami bagaimana orang menjalani bulan Ramadhan dan perubahan aktivitas mereka sehari-hari selama bulan ini.

Facebook juga memberikan cara kepada brand atau UMKM hadapi pada saat situasi COVID-19 belum membaik pada bulan Ramadhan nanti.

Dari hasil surveinya sendiri, terdapat 83 persen masyarakat Indonesia mengatakan bahwa handphone membantu mereka untuk menjalankan ibadah selama bulan Ramadhan.

Baca Juga: Aplikasi Zoom Banyak Dipakai di Indonesia, Tapi Kena Rating Jelek Agar Ditendang dari Play Store

Masyarakat Indonesia 93 persen setuju bahwa bulan Ramadhan merupakan momen untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Sebanyak 89 persen responden setuju tetap terhubung atau berkomunikasi itu sangat penting agar mereka dapat menerima informasi terkini selama Ramadhan.

Selain itu 98 persen responden masyarakat Indonesia yang menjalani Ramadan menggunakan setidaknya satu aplikasi Facebook.

Facebook ingin membantu brand dan UMKM menjalankan bisnisnya dengan efektif agar mendapat mobile engagement yang lebih baik.

Baca Juga: Grab Latih Startup Bidang Pemberdayaan UMKM, Pesertanya Bisa Akses Data Pelanggan Grab

“Kami yakin bahwa brand dan UKM mampu menjangkau lebih banyak orang pada momen ini dengan mengoptimalkan mobile engagement untuk menyampaikan pesan dan nilai merek mereka, melalui cara yang lebih dekat dan efektif," jelas Hilda Kitti, selaku Head of Marketing Indonesia Facebook pada live streaming, (26/3).

Hilda juga menambahkan Facebook berkomitmen untuk membantu komunitas lokal agar tetap bertumbuh di tengah situasi COVID-19.

Terdapat 2 cara atau panduan yang Facebook berikan yaitu berikan interaksi selama momen Ramadhan nanti dan kuasai teknik story telling.

Facebook memberikan saran untuk berinteraksi selama bulan Ramadhan karena berdasarkan survei 96 persen dari masyarakat Indonesia mengatakan bahwa mereka mengandalkan aplikasi-aplikasi Facebook selama Ramadhan.

Baca Juga: Kemenkominfo Bersama WhatsApp dan Facebook Bikin Fitur Chatbot

Ditambah dengan 85 persen responden mengatakan WhatsApp sebagai media sosial favorit mereka.

Pemilik bisnis dan brand perlu untuk tetap terhubung dengan pelanggan diluar transaksi yang dilakukan.

Facebook mengatakan menjaga komunikasi tetap berjalan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting di tengah situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini.

Selain itu penting juga bagi bisnis untuk terlibat dalam percakapan yang bermakna dengan pelanggan mereka.

Baca Juga: Uniphore, Aplikasi Percakapan Otomatis Ini Targetkan Asisten Digital ke Perusahaan Telko Indonesia

Facebook memberikan contoh bisnis UMKM atau brand bersikap proaktif dalam memberikan informasi dan mendidik konsumen tentang langkah-langkah yang diambil untuk memastikan bahwa jasa dan produk tersebut aman dan juga langkah pendekatan Anda dalam menangani permintaan pelanggan dalam situasi seperti ini.

Cara kedua yang Facebook berikan ialah kuasai teknik story telling, yang intinya brand dan UMKM harus memiliki tema yang tepat dalam menawarkan produknya di momen Ramdhan.

Untuk menjadi bagian yang penting dalam percakapan dengan pelanggan, perhatikan bagaimana mereka yang menjalani Ramadhan.

Baca Juga: UC Browser Rilis UC Drive Gratis Berkapasitas 20GB, Lebih Mudah Menikmati Hiburan Kapan Saja

Dengan menggunakan perangkat handphone untuk terhubung, mencari hiburan, mencari sesuatu dan berbagi.

Panduan cara tersebut disarankan oleh Facebook karena hasil survei yang menunjukan 71 persen responden memasak makanan di rumah untuk sahur dan berbuka puasa.

Lalu 52 persen mengatakan mereka menghabiskan waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Dalam hal konsumsi, 53 persen setuju bahwa ini merupakan momen untuk membeli busana baru.

Baca Juga: Ini 5 Syarat UMKM Kuliner Bisa Daftar Program Digitarasa Gofood, Bahkan Bisa Dimodali

Selain itu, 67 persen responden juga mengatakan bahwa pada momen ini, mereka memberikan donasi atau sumbangan.

Dengan data tersebut memberikan peluang bagi brand dan UMKM untuk menciptakan ide-ide terbaik, produk yang paling bermanfaat, atau tips penting selama momen ini.

"Bulan Ramadhan merupakan momen spiritual yang sangat penting dan banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan handphone untuk mendukung ritual keagamaan mereka pada momen tersebut," jelas Hilda.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : NexTren

Baca Lainnya