Follow Us

Teknologi Baru Ini Wujudkan Mimpi Rasakan Benda Di Virtual Reality

David Novan Buana - Minggu, 21 Oktober 2018 | 19:30
DextrEs adalah sarung tangan yang membuatmu merasakan menyentuh benda di dalam VR.
techexplorist.com

DextrEs adalah sarung tangan yang membuatmu merasakan menyentuh benda di dalam VR.

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Mampu merasakan menyentuh benda di dalam dunia Virtual Reality (VR) merupakan mimpi yang didambakan oleh pengguna teknologi visual tersebut.

Kini mimpi tersebut menjadi kenyataan dengan diumumkannya sarung tangan berteknologi tinggi yang mampu membantumu merasakan benda di dalam dunia VR.

Berkat bantuan sarung tangan bernama DextrEs tersebut, kini kamu bisa merasakan menyentuh gelas dan beragam benda lainnya di dunia virtual, sesuatu yang sebelumnya tidak dapat dilakukan.

Baca Juga : Samsung Berikan Gratis Adapter Gear VR Buat Pemilik Galaxy Note 9

Peneliti dari EPFL dan ETH Zurich tersebut juga berhasil membuat sarung tangan tersebut ringan, tipis, dan tidak dipenuhi oleh kabel yang berseliweran.

Itu sebabnya DextrEs menjadi sarung tangan VR dengan kemampuan feedback realistis yang paling ringan bila dibandingkan dengan saingannya yang masih dalam masa pengembangan.

Hal ini dapat terwujud berkat digunakannya bahan nilon yang hanya memiliki ketebalan 2mm, dan juga beratnya hanya 8 gram per jari.

Selain itu, sarung tangan ini juga dikatakan hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk menjalankan fungsinya, satu aspek yang membuatnya ringan.

Metode yang digunakan untuk memberikan rasa realistik ketika menggunakannya berasal dari pelat metal yang elastik di permukaan sarung tangan.

Ketika kamu menyentuh benda di dalam dunia VR, misalnya gelas, sarung tangan ini akan memberikan sinyal listrik kepada pelat metal dan membuatnya mengeras sesuai dengan bentuk gelas yang disentuh.

Karena jarimu akan terhenti ketika menyentuh benda di dunia virtual, maka kamu akan merasa benar-benar menyentuhnya di dunia asli.

Source : Engadget

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest