Follow Us

iPhone Memang Mahal, Tapi Ini 6 Kelebihannya Dibanding Android

Wahyu Subyanto - Selasa, 09 Januari 2018 | 20:36
iPhone dan iPad
imore

iPhone dan iPad

Laporan wartwan Nextren, Wahyu S.Nextren.grid.id-Produk Apple saat ini yang paling populer adalah iPhone, iPad dan Macintosh.Sejak dulu, semua produk Apple dikenal mahal, bahkan jauh di atas harga rata-rata gadget saingannya.Ya, bisa jadi itu adalah strategi mereka.Namun, ternyata memang ada sejumlah kelebihan yang bisa dinikmati oleh pengguna produk Apple.

(BACA : Musixmatch: Aplikasi Karaoke Asyik Lewat Hape Android, Wajib Download! )1. Update Sistem Operasi Untuk Semua produkDi OS Android, update dilakukan sepotong-sepotong sesuai perbaikan yang sudah dilakukan.

Apalagi banyak vendor android yang kurang rajin memberikan update terbarunya.Sementara di produk Apple, seperti iPhone, iPad dan Macintosh, update iOS dilakukan secara langsung, dan tersedia untuk semua jenis perangkat yang mendukung. Soalnya, Apple berperan penuh untuk sistem operasi buatannya.

Jadi tak ada gangguan atau ketidakcocokan dari layanan pendukung seperti operator selular atau hapenya.

(BACA : Inilah Deretan Smartwatch Paling Direkomendasikian Tahun 2018 )

Wajar karena Apple sendiri yang membuat sistem operasi iOS, sekaligus perangkatnya (iPhone, iPad, Mac).Sebagai pembuat perangkat sekaligus sistem operasinya (iOS), maka Apple bisa segera menutup semua celah keamanan yang megintai.2. Lebih aman dengan TouchIDSejak tahun 2016, produk iPhone dan iPad sudah dibekali TouchID sebagai fitur keamanan.TouchID ini berupa sensor sidik jari yang didaftarkan, dan menyatu dengan tombol Home, sehingga lebih aman sekaligus mudah diakses.

(BACA : Google Bakal Blokir Situs Palsu dan Iklan Licik, Mulai April Tahun Ini )3. Mudah digunakanSelain tampilan yang bersih, antarmuka sistem operasi iOS memang terasa mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.Bagi mereka yang baru pertama memakai iOS, ada fitur Spotlight berupa mode pencarian yang bisa diakses dengan cara swipe dari bagian tengah layar ke bawah, di homescreen.

Spotlight ini memudahkan untuk mencari aplikasi atau fitur apapun yang dibutuhkan.Bahkan ada pula asisten pencarian lewat suara bernama Siri, yang memudahkan pencarian.

(BACA : Lokasi Ini Tak Bisa Dilacak, Google Maps Pun Tak Mampu Memotretnya )Lewat Spotlight ini, kamu bisa mencari apapun yang ada di iPhone tersebut, baik aplikasi, nama di kontak, sms atau email, lagu tertentu di Apple Music, judul buku di iBooks.Bahkan kamu dengan mudah bisa mencari sebuah file di iCloud Drive (penyimpan file online), mencari lewat website luas, menghitung pakai kalkulator, hingga mengecek kurs mata uang.4. Aplikasi hadir pertamaPara pembuat aplikasi lebih senang merilis produknya pertama kali di App Store dibanding di Google Play.Alasannya tentu saja karena pendapatan di AppStore lebih menjanjikan daripada toko aplikasi di Android.Para pengembang aplikasi juga lebih mudah dalam mengatur tampilan aplikasinya untuk beberapa jenis iPhone, karena hanya ada sedikit variasi ukuran iPhone dan iPad.Padahal, di Android, ada banyak sekali perbedaan ukuran layar yang harus diatur satu-persatu, agar tampilan aplikasinya tetap bagus.

(BACA : Tak Hanya Face ID, 4 Hal Inilah yang Seharusnya Ada di Hape Masa Depan )

5. Aksesoris LengkapPaket penjualan iPhone memang lengkap dan berkualitas, yaitu earphone dengan remote dan mikropon, kabel USB, charger, manual.Sementara ada beberapa tipe Android yang tak menyertakan earphone untuk menekan harga jual, misalnya Xiaomi.

(BACA : Kata Kunci Rahasia Google Ini Bikin Tampilan PC-mu Makin Anti-Mainstream )6. Kinerja kencangJika dibandingkan langsung dengan spek sekelas, misalnya dari sisi kecepatan prosesor dan besarnya RAM, produk iPhone memang lebih kecil secara angka.Namun jika sudah digunakan atau diuji dengan aplikasi benchmark seperti AnTuTu, produk iPhone selalu menempati posisi tercepat kinerjanya.Hal ini dimungkinkan karena Apple bisa mendesain sendiri perpaduan antara chipset, RAM, dan sistem operasinya, karena semuanya dipegang penuh oleh Apple. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest