Follow Us

Bug Di Layanan Game Steam Berikan Akses Untuk Main Semua Game Gratis

David Novan Buana - Minggu, 11 November 2018 | 19:46
Platform gaming Steam
filehorse.com

Platform gaming Steam

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Bagi gamer di Bumi tercinta ini, layanan toko game bernama Steam adalah tempatnya untuk membeli dan bermain game di komputer.

Namun belum lama platform Steam mendapatkan update, peneliti keamanan cyber dari Ukraina menemukan adanya bug yang begitu fatal.

Bug atau kerusakan di dalam sistem platform tersebut memberikan akses untuk bisa memainkan semua game yang dijual di Steam secara gratis!

Baca Juga : Waktu Main Dibatasi, Gamer Remaja di China Diminta KTP Saat Ngegame

Masalah kritikal tersebut ditemukan oleh Artem Moskowsky, dan efeknya adalah kamu bisa mendapatkan semua kunci aktivasi bernama CD Key untuk semua game.

Posisi bug tersebut menurut laporan Artem berada di Steamworks, platform di dalam Steam yang dibuat untuk membantu pengembang game dalam membuat dan merilis gamenya.

Biasanya platform tersebut digunakan oleh pengembang game untuk mendapatkan CD Key, berguna untuk membuat game buatannya yang telah dibeli untuk bisa dimainkan.

Kunci virtual tersebut juga berguna untuk memperlihatkan seberapa banyak game yang dijual telah dibeli oleh pengguna Steam.

Melalui bug yang ditemukan tersebut, CD Key bisa didapatkan tanpa perlu melalui parameter yang dijadikan pembatas antara orang yang belum membeli dan telah membeli.

Bila cara memanipulasi bug tersebut ditemukan terlebih dahulu oleh hacker, bisa jadi Steam akan mengalami kerugian yang luar biasa besar.

Karena walaupun barangnya adalah virtual dan digital, tetapi nilai moneternya sama seperti barang fisikal yang ada di toko.

Source : Slashdot

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest