Follow Us

PlayStation 4 Diserang Oleh Pesan Berbahaya Yang Mematikan Console

David Novan Buana - Minggu, 14 Oktober 2018 | 15:15
PlayStation 4
digitaltrends.com

PlayStation 4

Laporan Wartawan NexTren, David Novan Buana

NexTren.com - Pengguna PlayStation 4 waspadalah, karena ada laporan mengenai pesan mematikan yang mampu menutup aksesmu untuk menggunakan consolemu sendiri.

Sama seperti pesan di email yang mampu menyusupkan virus komputer berbahaya, hal serupa kini mampu menembus pertahanan console ini.

Setelah kamu mendapatkan pesan tersebut, kamu tidak bisa mengunakan controller dan suara, serta melakukan reset akan membuat pesan error muncul berulang kali.

Kabar ini mulanya muncul pada thread di r/PS4 Reddit, dengan laporan pengguna PS4 yang menerima pesan melalui aplikasi message di console.

Baca Juga : Gamer PlayStation 4 Akhirnya Bisa Main Bersama Gamer Console Lain

Lalu, otomatis sistem console akan terkunci dan menutup akses bagi pemiliknya dengan mematikan fungsi perangkat eksternal seperti controller.

Masih belum pasti cara apakah yang digunakan untuk menutup akses tersebut, hanya saja beberapa pengguna Reddit mengaitkannya dengan serangan serupa di 2015 pada iPhone, dengan efek yang sama.

Untuk isi dari pesannya, salah satu pengguna yang terkena dampaknya mengatakan ia melihat tanda tanya di dalam kotak, artinya pesan tersebut tidak bisa ditampilkan di PS4.

Pemecahan yang ditemukan oleh pengguna Reddit antara lain dengan melakukan factory reset, supaya dapat menghapur pesan tersebut secara paksa.

Baca Juga : 7 Hape Mediatek Terbaik 2018, Nggak Kalah Canggih dari Hape Snapdragon

Selain itu, ada pula yang mampu membebaskan PS4 miliknya dengan menghapus pesan melalui PlayStation Mobile apps, atau masuk ke akun melalui browser dan menghapus pesan berbahaya tersebut.

Source : Kotaku

Editor : Anggerhana Denni Rahmawati

Baca Lainnya

Latest