Follow Us

Apa Itu System On Chip (SoC)? Mari Kenali Otak Di Balik Smartphonemu

David Novan Buana - Kamis, 11 Oktober 2018 | 19:15
System on Chip adalah otak di balik smartphonemu.
shutterstock.com

System on Chip adalah otak di balik smartphonemu.

Laporan Wartawan Nextren, David Novan Buana

NexTren.com - System on Chip atau lebih dikenal dengan SoC adalah istilah yang akrab bersanding dengan smartphone.

Sebagai otak di balik kinerja perangkat mobile, SoC memiliki peran penting untuk menjalankan semua fungsi yang kamu temui setiap harinya.

Namun tahukah kamu apa sebenarnya SoC itu, dan apa bedanya dengan sistem yang ada di dalam komputer?

Baca Juga : HTC Snapdragon 855 SoC Disebut Bakal Hadir Pertengahan Tahun Depan

Cara paling mudah untuk menjelaskan apa itu SoC adalah dengan memberikan perbandingan dengan komputer.

Pada komputer semua komponen yang penting untuk menjalankan fungsi komputer berada pada Mainboard atau Motherboard, seperti yang sempat kami jelaskan di artikel mengenai CPU.

Mulai dari prosesor, graphics card, memory, sound card, sampai media penyimpanan data semuanya terhubung ke motherboard.

Nah sekarang bayangkan semua fungsi motherboard dan segala komponen yang menempel di sana dikecilkan dan dimasukkan ke dalam sebuah chip yang kecil.

Itulah SoC, chip yang isinya dapat menjalankan semua fungsi komputer, karena smartphone adalah komputer kecil, tetapi tidak besar ukurannya seperti pada motherboard di komputer.

Pada SoC, kamu dapat menemukan beragam komponen, seperti prosesor, GPU (chip pada graphics card), memory, modul display yang menentukan berapa besar resolusi pada layar, fungsi kamera, media penyimpanan data, bahkan pada model terbaru disertakan pula modul Artificial Intelligence (AI).

Jadi jelas chip multiguna ini adalah otak terpenting dari smartphone, karena tanpanya perangkatmu tidak bisa berfungsi sama sekali.

Source : Wikipedia

Editor : Kama

Baca Lainnya

Latest