Follow Us

Solusi Digital iOT Bertema Smart Home, Smart City dan Logistik ala XL Axiata

Wahyu Subyanto - Senin, 17 September 2018 | 18:40
Ilustrasi IoT

Ilustrasi IoT

Nextren.com - Saat ini, dunia sudah makin terkoneksi ke internet dalam segala bidang.Apalagi perkembangan perangkat Internet of Things (IoT) yang sudah diterapkan makin meluas.Solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) semakin dikenal dan diakui manfaat besarnya terutama di kalangan bisnis.iOT bisa meningkatkan daya saing dan mempercepat pertumbuhan bisnis di era digital.

Baca Juga : 7 Fitur Path Ini Bakal Dirindukan, Ada yang Buat Ngode Gebetan Lho Merespon tingginya minat atas solusi IoT tersebut, XL Axiata meluncurkan satu platform IoT bernama “FLEX IOT”.FLEX IOT ini akan mempermudah para pengembang IoT untuk menciptakan suatu solusi digital berbasis IoT. Agar produk terbaru ini lebih dikenal masyarakat, XL Axiata menggelar lomba pengembangan solusi digital “Hackathon” bertema Smart Home, Smart City,dan Transportasi/Logistik.Acara diadakan pada 15-16 September 2018 lalu, di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten.

Baca Juga : Nintendo Langsung Hapus Datamu Di Cloud Save Bila Berhenti Langganan

Keunggulan platform “FLEX IOT” ini antara lain kompatibel dengan berbagai macam tipe perangkat IoT seperti Arduino dan Raspberry. XL Axiata berharap para pengembang solusi IoT, baik perangkat keras maupun perangkat lunak, termasuk para pelaku riset, bisa menggunakan “FLEX IOT” untuk semakin mempercepat dan mempermudah mereka dalam membuat solusi IOT.Chief Enterprise dan SME XL Axiata, Kirill Mankovski mengatakan, “Kami ingin memperkenalkan platform IoT baru ini kepada para pengembang dan pengguna layanan IoT di Indonesia."

Baca Juga : Video Xiaomi Pocophone F1 Disiksa dengan Pisau, Air dan DibakarPlatform FLEX IOT ini mempermudah para para inovator untuk membangun dan mengembangkan solusi digital untuk berbagai keperluan, baik untuk bisnis maupun masyarakat umum di seluruh Indonesia. Khusus di ranah bisnis, saat ini solusi IoT menjadi tren baru di sejumlah industri vertikal untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas.Kirill menambahkan, selain mengenalkan platform IoT “FLEX IOT”, hackathon ini juga menjadi sarana untuk mendapatkan ide-ide dan inovasi baru.Harapannya, akan menjadi sebuah terobosan baru yang bisa bermanfaat dan diterima pasar dengan baik.

Baca Juga : OPPO F9 Rilis Warna Baru yang Sedang Tren, Gradasi Ungu

pemenang FLEX IOT XL Axiata
XL

pemenang FLEX IOT XL Axiata

Di ajang ini, semua peserta akan menggunakan platform “FLEX IOT” dalam mengembangkan ide-idenya menjadi solusi berbasis IoT. Selanjutnya, XL Axiata akan bekerja sama dengan para pemenang untuk mengembangkan dan mematangkan karya tersebut agar bermanfaat nyata bagi masyarakat luas.Sebanyak 19 tim dari berbagai daerah mengikuti ajang ini.Peserta terbagi dalam kategori mahasiswa dan umum. XL Axiata menyediakan hadiah total sebesar Rp 50 juta dengan hadiah utama sebesar Rp 10 juta untuk pelajar, dan Rp 15 juta untuk peserta umum. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest