Follow Us

Simpan Game Lewat Nintendo Switch Online Tak Bisa Semuanya, Mengapa?

David Novan Buana - Senin, 10 September 2018 | 14:00
Nintendo Switch
Nintendo

Nintendo Switch

NexTren.com – Bila kamu memiliki console game Nintendo, terutama Nintendo Switch, maka dimulainya layanan Nintendo Switch Online pada September ini adalah hal yang ditunggu.

Layanan online tersebut akhirnya memberikan akses kepada pengguna Nintendo Switch untuk menyimpan data gamenya, atau biasa disebut save file di penyimpanan online atau biasa disebut cloud save.

Sayangnya, Nintendo menegaskan bahwa ada beberapa game, termasuk di antaranya beberapa game besar, tidak akan mendukung layanan cloud save.

Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kecurangan pengguna Nintendo Switch, terutama bila menyangkut game yang menggunakan online.

Beberapa contoh yang digunakan oleh Nintendo adalah pemain dapat menyimpan data ketika dia masih berada di rangking online multiplayer tinggi, dan menggunakan data itu lagi ketika sudah menurun rangkingnya.

Hal ini tentunya termasuk ke dalam ranah penyalahgunaan sistem game, dan dapat berakibat pada penghapusan data pemain di server game.

Baca juga: Nintendo Rilis Game Baru Dragalia Lost, Makin Seru dan Menantang

Contoh lain yang tidak kalah parahnya adalah menggunakan cloud save untuk menyimpan data sebelum mengambil benda acak.

Cara ini sempat marak digunakan pada beberapa game besar, seperti Monster Hunter World, untuk mendapatkan benda langka melalui fitur penukaran benda secara acak.

Game yang tidak akan mendukung penggunaan cloud save pada Nintendo Switch antara lain adalah Splatoon 2 dan Pokemon Let’s Go Evee dan Pikachu.

Sedangkan untuk game lainnya antara lain NBA 2K19, FIFA 19, Dead Cells, dan Dark Souls Remastered.

Semua game tersebut saat ini masih mendukung penggunaan cloud save pada versi console lain, seperti PlayStation 4 dan XBOX One.

Source : Polygon

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest