Follow Us

S Pen Stylus Galaxy Note 9 Sangat Multifungsi Tapi Tak Masuk Garansi, Bagaimana Jika Hilang?

Wahyu Subyanto - Selasa, 28 Agustus 2018 | 18:21
Galaxy Note 9
The Star Online

Galaxy Note 9

Nextren.com - Samsung Galaxy Note9 telah resmi hadir di Indonesia (23/8) dan telah dilakukan consumer launch pertama serentak di tiga 3 kota besar di Indonesia.Harga resmi Samsung Galaxy Note9 adalah Rp. 13.499.000 (internal 128GB/RAM 6GB) dan Rp. 17.999.000 (internal 512GB/RAM 8GB).Seri Galaxy Note selama ini telah dikenal sebagai pelopor smartphone dengan dukungan S Pen (stylus) yang mendukung produktivitas dan kreativitas pengguna.Kini Samsung Galaxy Note 9 dilanjutkan menjadi Super Powerful Note dengan performa terbaru; yaitu All Day Battery, storage dan RAM lebih besar, S Pen dengan fitur-fitur terbaru dengan konektivitas, kamera smartphone Samsung yang cerdas, plus fitur cerdas lainnya untuk hiburan.

(BACA : Oppo Bakal Hadirkan Varian Warna Baru untuk Smartphone Oppo F9 )Berbeda dengan seri sebelumnya, S Pen (stylus) di Galaxy Note9 telah berevolusi sehingga bisa melakukan lebih banyak hal, yaitu :1. Mengambil FotoUntuk membuka aplikasi kamera, tinggal tekan tombol S Pen sekali untuk mengambil foto dan tekan dua kali untuk beralih antara kamera belakang dan depan. 2. Mengakses Galeri: buka aplikasi Galeri, tekan tombol S Pen sekali untuk memilih gambar berikutnya dan tekan dua kali untuk kembali ke gambar sebelumnya. 3. Mengakses YouTube: buka aplikasi YouTube dan pilih video. Tekan tombol S Pen sekali untuk memutar dan jeda, atau tekan dua kali untuk melewati video. 4. Sebagai Clicker Presentasi: buka dokumen presentasi melalui Samsung DeX, tekan sekali untuk maju ke slide berikutnya dan tekan dua kali untuk kembali ke slide sebelumnya.

(BACA : Beberapa Hal Ini Dipangkas agar Pocophone F1 Punya Harga Murah )

5. Ada fitur Photo Drawing dan Live Drawing yang baru sehingga kamu bisa menikmati fungsi gambar S Pen, menuangkan serta menyimpan ide kreativitas kamu ke Galeri Foto.Bahkan kamu bisa menggambar atau tracing di atas foto diri sendiri.Cara Kerja S Pen di Galaxy Note 9

S Pen terbaru ini dilengkapi dengan Bluetooth Low Energy (BLE), sehingga dapat digunakan sebagai remote control dalam jarak 10 m dari smartphone.

(BACA : Cara Memindai QR Code dan Barcode Biasa Menggunakan Google Lens )Fitur Bluetooth didukung hingga 30 menit waktu siaga atau 200 klik tombol per pengisian penuh.Baterai S Pen akan terisi penuh dalam waktu kurang dari 40 detik S Pen dimasukkan ke dalam tempatnya di Galaxy Note9.Lalu cukup tarik pena yang sudah terisi penuh tersebut dari perangkat untuk mengaktifkan S Pen.

Begini Kalau S Pen HilangTak seperti unit Galaxy Note9 yang digaransi resmi jika ada kerusakan, maka S Pen tidak ditanggung garansinya.Menurut Jo Semidang, IM Marketing Director Samsung Electronics Indonesia kepada Nextren saat acara Consumer Launch di Central Park, Jakarta (24/8), S Pen ini memang berpotensi rusak saat dipakai atau bahkan hilang karena terselip atau jatuh.

(BACA : Diduga Curang Saat Flash sale, Tokopedia Pecat Puluhan Karyawan )

Namun ternyata harga S Pen ini tak begitu mahal, sekitar Rp 300 ribuan saja.Jadi diharapkan tidak membebani pengguna saat S Pen hilang.Apalagi pengguna bisa memilih S Pen warna lain sesuai seleranya.Jika sebelumnya kamu masih punya S Pen Galaxy Note 8, maka juga bisa dipakai di Galaxy Note 9, namun fungsinya sangat terbatas hanya untuk menggambar dan akses menu-menu saja.Karena S Pen di Galaxy Note 8 fungsi dan fiturnya memang tidak selengkap di Galaxy Note9. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest