Follow Us

Upaya XL Pantau Kinerja Layanan di Seluruh Indonesia, Lewat Pusat Monitoring

Wahyu Subyanto - Jumat, 17 Agustus 2018 | 13:22
Direktur Teknologi XL, Yessie D. Yosetya, bersama Menkominfo, Rudiantara, meninjau “Customer Experience & Service Operation Center” XL, di Jakarta, Rabu (15/8)
Ella

Direktur Teknologi XL, Yessie D. Yosetya, bersama Menkominfo, Rudiantara, meninjau “Customer Experience & Service Operation Center” XL, di Jakarta, Rabu (15/8)

Nextren.com - Untuk sebuah operator yang beroperasi secara nasional di seluruh Indonesia, tentu saja dibutuhkan pusat monitoring kinerja jaringan yang komplit, agar bisa segera menangani masalah yang muncul.Terkait hal itu, operator XL Axiata baru saja meresmikan pusat monitoring kualitas layanan terpadu, bernama “Customer Experience & Service Operation Center” (CE & SOC), di Jakarta, Rabu (15/8). Pusat monitoring itu berada di Gedung XL Axiata Tower, Jakarta Selatan.Hal ini akan menjadi sarana untuk memastikan kualitas semua layanan, seiring terus meningkatnya jumlah pelanggan dan juga trafik layanan.

(BACA : Instagram Kaesang Pangarep Kena Hack Pria Bertelanjang Dada, Jutaan Followers Hilang )Pusat monitoring baru ini diklaim bakal memudahkan XL dalam memantau dinamika layanan terkait layanan data/Internet, termasuk perilaku pelanggan terhadap suatu layanan. Turut hadir dalam peresmian ini Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Dirjen Penyelenggara Pos dan Informatika, Ahmad M. Ramli serta Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini.Menurut Dian Siswarini, saat ini sekitar 79% dari total pelanggan merupakan pelanggan data. Untuk wilayah yang sudah tersedia layanan data, juga semakin meluas.

(BACA : Hadir 23 Agustus Mendatang, Harga Oppo F9 Udah Bocor ke Internet )

Kini sudah lebih dari 380 kota/kabupaten yang terjangkau 4G LTE dan lebih dari 460 kota terjangkau 3G. Untuk memastikan layanan terbaik bagi pelanggan, dibutuhkan pusat komando untuk memonitor secara terus menerus kondisi layanan secara menyeluruh.Keberadaan pusat komando yang lengkap dan canggih penting, mengingat terus berkembangnya teknologi digital yang mendorong hadirnya berbagai jenis layanan data yang diakses oleh pelanggan. Masing-masing layanan data punya karakteristik tersendiri.

(BACA : Kini Kamu Bisa Backup Isi WhatsApp Gratis di Google Drive Sepuasnya, Cocok Buat Youtubers )

Direktur Teknologi XL, Yessie D. Yosetya, bersama Menkominfo, Rudiantara, meninjau “Customer Experie
Ella

Direktur Teknologi XL, Yessie D. Yosetya, bersama Menkominfo, Rudiantara, meninjau “Customer Experie

CE & SOC yang diresmikan tersebut terdiri dari ruang monitoring yang terintegrasi untuk 4 NOC (Network Operation Center) yang berbeda, yaitu Jaringan Telco, IT Infrastructure, IT Apps, dan Billing. Lewta pusat monitoring ini, XL akan memiliki visibilitas lebih baik untuk memastikan kualitas layanan, misalnya terkait layanan game, media sosial, streaming, broadband baik perumahan maupun bergerak, juga bisnis enterprise.Pusat komando dan monitoring CE & SOC ini juga dirancang guna mengantisipasi kebutuhan monitoring di masa depan. Hal ini tidak terlepas dari rencana pengembangan jaringan dan adopsi teknologi terbaru di masa depan, termasuk kemungkinan mengaplikasikan teknologi 5G, IoT, dan M2M.

(BACA : Motorola P30 Ini Persis iPhone X Dengan Gradasi Warna Huawei P20 )

Hal itu sesuai semakin berkembangnya pemanfaatan teknologi digital untuk berbagai upaya meningkatkan produktivitas usaha dan bisnis. Lewat CE & SOC ini juga bisa dilakukan pemantauan kondisi jaringan secara real time di seluruh wilayah Indonesia. Dari fasilitas ini juga akan bisa dipantau kondisi komponen-komponen dalam jaringan. Tersedia pula ruangan koordinasi berfasilitas canggih untuk mengatasi potensi permasalahan terkait dengan performa jaringan dan kualitas layanan. Kegiatan pemantauan dilakukan oleh tim siaga setiap hari selama 24 jam / 7 hari dalam seminggu, untuk melayani lebih dari 52 juta pelanggan XL. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest