Follow Us

Ini Drone Raksasa yang Bisa Angkut Manusia

Fatimah Kartini Bohang - Minggu, 06 September 2015 | 09:51
Swarm, drone super yang bisa angkut manusia
Cnet

Swarm, drone super yang bisa angkut manusia

Banyak orang terkesima dengan kehadiran drone karena mampu menerbangkan kamera. Lalu, bagaimana jika drone bisa turut mengangkut manusia?

Ini tak mustahil bagi pengguna YouTube dengan akun gasturbine101. Ia menciptakan drone raksasa yang mampu menampung beban hingga 148 kilogram.

Dinamai "Swarm", drone raksasa tersebut dibangun menggunakan 54 baling-baling. Modelnya bisa dibilang sama dengan drone untuk kamera.

Bedanya, ukuran Swarm berkali-kali lipat lebih besar. Selain itu, ada dudukan penumpang di tengah drone, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun Nextren, Sabtu (4/9/2015).

Penumpang sekaligus menjadi pengendali Swarm. Tak ada yang mengontrol Swarm dari darat layaknya drone untuk kamera.

Dari video yang diunggah, Swarm terlihat masih belum stabil. Baling-baling sebanyak itupun tampak masih kesulitan mengangkat beban.

Pun begitu, gasturbine101 mengklaim Swarm bisa bertahan 10 menit di udara. Menurutnya Swarm juga sudah bisa digunakan dengan aman.

Sebelumnya, gasturbine101 sempat pula mengunggah video pengujian penerbangan untuk drone raksasanya. Namun kala itu belum ada penumpang yang mengendarai drone. Untuk hasil finalnya, berikut video yang diunggah ke YouTube.

Source : CNET

Editor : Reza Wahyudi

Baca Lainnya

Latest