Follow Us

Layangan Ini Bisa Menjepret "Selfie" dari Udara

Fatimah Kartini Bohang - Jumat, 21 Agustus 2015 | 14:39
Fotokite, alat bantu foto yang pengoperasiannya serupa main layang-layang
Mashable

Fotokite, alat bantu foto yang pengoperasiannya serupa main layang-layang

Setelah tongkat narsis (tongsis) dan pesawat kamera tak berawak (drone), kini muncul kamera serupa layang-layang yang dinamai "Fotokite Phi". Berdasarkan kemampuannya, alat bantu ini berada di antara tongsis dan drone.

Dilansir Nextren, Rabu (20/8/2015) dari Mashable, kamu bisa mengambil foto dengan jarak hingga 8 meter di atas tempatmu berdiri. Tentu kemampuan ini sudah mengalahkan tongsis yang cuma mampu menjangkau jarak rata-rata 3 meter.

Namun, Fotokite tak kuasa mengambil gambar atau video lanskap yang lebih luas dengan jarak ratusan meter layaknya drone. Lalu, kenapa harus mempertimbangkan Fotokite?

Alasan pertama terkait pengoperasian. Untuk menerbangkan drone, kamu perlu latihan menjaga kestabilan perangkat tersebut. Jika tidak, hasil gambar tak akan memukau.

Belum lagi soal kendali. Kamu harus berhati-hati mengawasi drone terbang ke sana ke mari. Yang sudah-sudah, tak jarang drone tiba-tiba lepas dari kendali pengguna dan hilang begitu saja.

Ini tak akan kamu temukan pada Fotokite. Menjajal alat ini sama seperti main layang-layang. Ada tali pengendali sepanjang 26 kaki yang terikat pada tubuh Footkit. Kamu bisa menarik dan mengulur tali sesuai kebutuhan. Adaptasi pengoperasiaannya akan lebih mudah ketimbang drone. Karena kamu menggunakan kontrol gerak tangan secara manual.

Alasan kedua terkait harga. Kisaran harga drone dilansir mulai dari 400 dollar AS (Rp 5,5 jutaan) hingga 1000-an dollar AS (Rp 13,8 jutaan). Sementara itu, harga Fotokite diperkirakan 500 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 juta.

Fotokite juga bisa dilipat dan dimasukkan ke tabung kecil. Ini mengindikasikan alat bantu tersebut menyasar pengguna mobile yang fleksibel dan praktis.

Fotokite, alat bantu foto yang pengoperasiannya serupa main layang-layang
Mashable

Fotokite, alat bantu foto yang pengoperasiannya serupa main layang-layang

Tapi, ada kelemahan Fotokite yang barangkali bisa bikin kamu mengurungkan niat memiliki. Perangkat ini hanya mampu bertahan 10 menit untuk memotret di udara.

Setelahnya, Fotokite akan minta dayanya diisi ulang menggunakan kabel USB. Untuk momen-momen penting seperti konser, liburan dan sebagainya, durasi itu bisa dibilang terlampau singkat.

Jadi, alat mana yang sesuai kebutuhanmu? Tongsis, drone atau Fotokite?

Source : Mashable

Editor : Oik Yusuf

Baca Lainnya

Latest