Nextren.com - Selain begitu banyak bank nasional yang kita kenal, ada banyak Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang berperan strategis menggerakkan ekonomi rakyat di setiap daerah di Indonesia.
Meskipun BPD ini dimiliki oleh Pemerintah Provinsi, namun aktifitasnya tentu tak lepas dari persaingan dengan bank nasional, baik bank BUMN maupun bank swasta. Maka para BPD ini juga dituntut mampu menghadirkan layanan berbasis digital.
Hal ini penting, agar layanan BPD mudah diakses nasabah dan mampu bersaing dengan bank-bank nasional maupun swasta, juga perusahaan financial technology (fintech) yang kini makin diminati oleh nasabah muda yang melek teknologi digital.
Tantangan tersebut dijawab lewat workshop produk dan layanan Telkom Indonesia (TLKM) bersama sejumlah BPD di Kalimantan lewat komitmen bersama membangun ekonomi rakyat, melalui teknologi digital terkini. Acara workshop digelar selama dua hari pada 6-7 Februari 2025 di Hotel Ashley, Jalan Wahid Hasyim Jakarta. Workshop ini hasil kolaborasi dari Telkom Regional 4 Kalimantan dan Divisi State Owned Enterprise (SOE) Service.
Rachmad Dwi Hartanto selaku EVP Telkom Regional 4 Kalimantan membuka workshop yang berlangsung interaktif dan konstruktif. Hadir narasumber ahli yang membahas sejumlah produk dan layanan digital Telkom yang dapat dimanfaatkan BPD untuk menghadirkan layanan digital bagi nasabahnya. Produk dan layanan tersebut tentu juga bisa membantu BPD meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerjanya.
Hadir dalam acara workshop tersebut sejumlah pejabat dan perwakilan dari BPD se-Kalimantan yaitu Bank Kalbar, Bank Kaltimtara, Bank Kalsel, dan Bank Kalteng serta narasumber eksternal dari Bank DKI, Ibu Yesty, selaku Pimpinan Divisi Bisnis Digital Institutional Banking. Ibu Yesti memaparkan digitalisasi yang sudah dan akan dijalankan di Bank DKI ke depan.
Dalam acara workshop selama dua hari tersebut, ada sejumlah produk dan layanan Telkom Group yang bisa menjawab kebutuhan BPD dalam mewujudkan layanan digital bagi nasabahnya, maupun untuk menunjang kegiatan operasional.
Adapun layanan Telkom Group yang terkait erat dengan kebutuhan BPD itu antara lain layanan komunikasi data, cyber security, SDWAN, M2M, VSAT, Astinet, omni channel marketing, ,Core Banking, Call Center, serta Data Center dan DRC.
Dengan memanfaatkan sejumlah produk dan layanan Telkom Group tersebut, BPD di Kalimantan diharapkan lebih kompetitif di industri perbankan, lewat hadirnya layanan perbankan digital yang andal bagi nasabahnya.
Menurut EVP Divisi State Owned Enterprise (SOE) Service Telkom, Dedy Mardhianto, untuk menjawab tantangan infrastruktur teknologi informasi BPD tersebut, Telkom menghadirkan tiga solusi utama, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Service. "Solusi ini dirancang khusus untuk membantu BPD menjalankan transformasi digital secara efisien dan terjangkau," ujar Dedy.
Baca Juga: OPPO & MLBB Bagikan 10 Ribu HP Kepada Pemain di Event Golden Month

Para peserta dan narasumber Workshop Produk dan Layanan Telkom, 6-7 Februari 2025