Follow Us

Upaya Epson Dukung Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Indonesia

Wahyu Subyanto - Senin, 12 Februari 2024 | 12:58
Pabrik Epson di Indonesia
Epson

Pabrik Epson di Indonesia

Nextren.com - Epson Indonesia sudah beroperasi selama hampir tiga dekade. Sebagai perusahaan teknologi percetakan dan visual ternama, mereka berkomitmen untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan sesuai tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN) untuk Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Di Indonesia, Epson mengoperasikan tiga perusahaan, yakni PT Epson Batam, PT Indonesia Epson Industry, dan PT Epson Indonesia. Ketiganya telah menyediakan produk-produk inovatif seperti printer, proyektor, pemindai, dan solusi robot.

Lewat bisnisnya, Epson secara khusus mendukung beberapa pilar SDGs, termasuk pertumbuhan ekonomi, inovasi, produksi yang bertanggung jawab, penanganan perubahan iklim, dan kemitraan.Salah satu kontribusi penting Epson terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah ekspor elektronika, yang telah mencapai sekitar 15% dari total nilai ekspor elektronika Indonesia. Epson juga aktif mendukung pengembangan komponen dalam negeri (TKDN) untuk meningkatkan kualitas produksi teknologi dan dapat berkembang di dalam negeri.

Baca Juga: Lebih Adem & Senyap, ASUS Rilis GPU RTX 4080 Super Edisi Noctua

Tak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi, Epson telah menciptakan lapangan kerja untuk ribuan tenaga kerja lokal, memperkuat struktur ekonomi dan sosial di komunitas setempat.Di luar operasional bisnisnya, Epson juga punya program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) lewat berbagai program. Salah satunya yang baru-baru ini dilakukan untuk mendukung pilar perubahan iklim dari SDG yaitu penanaman 6,000 pohon di berbagai wilayah tanah air, proyek yang akan dilakukan hingga tahun 2027. Program penanaman pohon ini dapat membantu penyerapan emisi karbon, yang merupakan penyebab terbesar perubahan iklim.

Pada tahun 2023, Epson Indonesia menyelesaikan program penanaman pohon di tiga kota berbeda. Untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, Epson Indonesia telah menanam total 2300 pohon di Kota Kerawang sebanyak 1000 pohon, di Cibis Nine - Jakarta sebanyak 25 pohon, dan di Banjarmasin 1000 pohon, juga menanam pohon di hutan Kalimantan Selatan seluas 300 hektar. Tindakan ini juga berkontribusi positif terhadap peningkatan kualitas udara.

Penghijauan yang dilakukan Epson di Kalimantan
Epson

Penghijauan yang dilakukan Epson di Kalimantan

Melalui rintisan program-program untuk mengatasi perubahan iklim melalui penanaman pohon ini, diharapkan bisa menggerakkan penduduk sekitar untuk turut merawat dan meneruskan program tersebut secara mandiri. Terkait pilar SDGs dalam perubahan iklim, proses produksi Epson Indonesia juga terus dievaluasi untuk mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Lewat program Epson Goes to School (EGTS) pada tahun 2023, Epson Indonesia mendonasikan peralatan dan sarana teknologi berupa 64 Printer L3216 dan 128 set tinta untuk 64 sekolah, khususnya yang paling kesulitan untuk menjangkau sarana teknologi, baik karena lokasi geografis maupun karena keterbatasan anggaran. Lewat program EGTS ini, mutu proses belajar mengajar diharapkan meningkat melalui perangkat teknologi, sekaligus membantu siswa agar lebih melek teknologi, sebuah kemampuan yang dapat menunjang pendidikan dan karier mereka di masa depan. Program-program CSR ada pula yang yang terkait kegiatan amal, salah satunya adalah Ramadan Bersama Epson. Dalam kegiatan ini, disalurkan santunan paket sembako kepada 15 panti asuhan di lima kota di Indonesia, untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka. Kombinasi kegiatan bisnis dengan pelestarian lingkungan, pendidikan dan amal tersebut, diharapkan tercapai keseimbangan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di negara tempatnya beroperasi.

Baca Juga: Erajaya Hadirkan DJI Experience Store di Makassar Dengan Kelas Drone

Sebagai informasi, Epson berfokus memberikan solusi sosial lewat produk percetakan rumah dan kantor, percetakan komersial dan industri, manufaktur, visual dan gaya hidup. Dipimpin oleh Seiko Epson Corporation yang berbasis di Jepang, Grup Epson di seluruh dunia menghasilkan penjualan tahunan lebih dari 1 triliun JPY.

PT Epson Indonesia berdiri pada bulan Oktober 2000 sebagai perwakilan penjualan dan pemasaran di Indonesia. PT Epson Indonesia beroperasi di bawah kendali kantor regional Epson Singapore, Pte. Ltd. Saat ini, PT Epson Indonesia di Jakarta memiliki 28 lokasi purnajual (16 Epson Sales & Service dan 12 Epson Service Center). PT. Epson Indonesia kini memasarkan produk printer SIDM (Dot Matrix), Inkjet, Laser, LFP termasuk consumablesnya, dan produk-produk lain seperti scanner, dan proyektor.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest