Follow Us

Carut Marut Pengelolaan IMEI, Apa Penyebab dan Solusinya?

Wahyu Subyanto - Kamis, 03 Agustus 2023 | 15:38
Ilustrasi nomor IMEI HP
Alfons

Ilustrasi nomor IMEI HP

Nextren.com - Bareskrim Polri berencana akan mematikan ratusan ribu ponsel, karena terdeteksi memakai IMEI ilegal. Tentu saja hal itu membuat resah pengguna yang sudah membayar mahal untuk mendapatkan ponsel idamannya.

Ponsel yang masuk ke Indonesia wajib mendaftarkan nomor IMEInya agar bisa mendapatkan sinyal operator seluler dan bisa digunakan di Indonesia. Jika IMEI tidak terdaftar maka ponsel tersebut tidak bisa mendapatkan layanan seluler.Ada ratusan ribu ponsel akan dinonaktifkan karena tidak mendaftarkan IMEI sesuai prosedur. Mayoritas iPhone.IMEI bisa didaftarkan melalui 4 cara :1. IMEI Turis didaftarkan melalui operator seluler dan hanya berlaku 90 hari.2. Kominfo, khusus untuk tamu negara.3. Bea cukai, untuk ponsel yang dibeli di luar negeri.4. Kemenperin.

Jasa unlock IMEI artinya apa ? Artinya anda ditawari layanan yang melanggar hukum.

Ini prinsipnya sama saja dengan anda mengakali pajak. Walaupun layanannya tidak ada kata melanggar hukum dan mengakali pajak, tetapi proses yang dilakukan dalam unlock IMEI ini adalah Anda membayar pihak ketiga, yaitu dengan cara menyogok petugas untuk meloloskan perangkat yang seharusnya wajib kena pajak yang diawasi oleh negara melalui nomor IMEI.

Dan sebagai informasi, pengawasan untuk IMEI yang di unlock secara ilegal ini sangat mudah dilakukan dan sangat mudah terdeteksi. Jadi sekalipun IMEI perangkat anda sudah berhasil di unlock, tidak berarti perangkat anda sudah aman, jika tidak melalui proses administrasi yang benar, seperti mendaftarkan ke bea cukai dalam hal anda membeli iPhone yang berasal dari luar Indonesia.

KODE IPHONE

PROVIDER

PA/A

TAM Erajaya / XL / iBox

ID/A

MAP / Telkomsel / Digimap

FE/A

Halaman Selanjutnya

Indosat
1 2

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest