Follow Us

Brave Browser Rilis Fitur Kesimpulan Pencarian Otomatis Menggunakan AI

Khoiruddin Yusup - Sabtu, 04 Maret 2023 | 16:00
Aplikasi Brave browser yang kini menghadirkan aplikasi Summarizer untuk kesimpulan pencarian otomatis.
CoinSpeaker.com

Aplikasi Brave browser yang kini menghadirkan aplikasi Summarizer untuk kesimpulan pencarian otomatis.

Nextren.com - Kecerdasan buatan (AI) kini tengah menjadi tren yang gencar dikembangkan banyak perusahaan teknologi seperti Google dan Microsoft untuk mesin pencarian mereka.

Kini salah satu perusahan Brave browser juga turut meramaikan tren ini dengan menghadirkan alat berbasis AI ke dalam perambannya.

Alat ini dinamai Summarizer, sebuah fitur yang dapat mencari dan membarikan jawaban cepat dari setiap pertanyaan yang diberikan pengguna.

Ini dilakukan dengan mengambil informasi dari dalam website terbaik ke dalam satu blok teks yang koheren di bagian hasil pencarian pengguna.

Fitur ini mirip dengan pencarian Google yang menyuguhkan website tunggal terbaik dan terpercaya berdasarkan alogaritma sudah ada.

Namun, hal yang membedakan adalah Brave menggunakan kepintaran AI untuk menggabungkan semua isi website menjadi satu jawaban terpadu.

Baca Juga: Elon Musk Buat Tim Pengembang AI Khusus Untuk Lawan Dominasi ChatGPT

Jika dilihat-lihat, konsep ini memang sangat mirip dengan browser Microsoft Edge yang menghadirkan integrasi ChatGPT di dalam mesin pencariannya yakni Bing.

Melansir dari situs Brave.com, developer Brave mengatakan bahwa cara kerja Summarizer berbeda dengan chatbot buatan OpenAI itu. (2/3/2023)

Ia mengatakan bahwa chatbot dengan generative AI cenderung sulit dikondisikan dan kurang cocok untuk memerikan kesimpulan otomatis pencarian dari sumber yang terpercaya.

Sedangkan, Summarizer pada Brave browser adalah LLM (Large Language Model) yang dilatih khusus untuk "memproses berbagai sumber informasi yang ada di Web."

Source : Brave.com

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest