Follow Us

Jepang Sukses Uji Coba Mobil Terbang Berawak Secara Outdoor Pertama

Khoiruddin Yusup - Sabtu, 18 Februari 2023 | 19:43
Mobil terbang berawak yang diuji coba secara outdoor pertama oleh Okayama Kurashiki Mizushima Aero & Space Industry Cluster Study Group (MASC). (17/2/2023)
Toshiki Sasazu

Mobil terbang berawak yang diuji coba secara outdoor pertama oleh Okayama Kurashiki Mizushima Aero & Space Industry Cluster Study Group (MASC). (17/2/2023)

Nextren.com - Kemacetan yang semakin parah di berbagai negara membuat banyak inovasi yang diciptakan untuk menguranginya.

Untuk mengatasinya, sebuah konsorsium bisnis penerbangan dan mobil di Jepang telah sukses melakukan sebuah uji coba mobil terbang berawak secara outdoor pada Jum'at, (18/2/2023).

Mobil dengan dua kursi tersebut berhasil terbang di sebuah pulau buatan di barat kota Oita, Jepang.

Kendaraan masa depan ini berhasil terbang sejauh 400 meter dengan ketinggian 30 meter dengan seorang pengendara di dalamnya.

Uniknya, kendaraan dengan tinggi 1,7 meter dan lebar 5,6 meter ini tetap stabil selama penerbangan yang berlangsung selama 3 menit 31 detik.

Melansir dari Nikkei Asia, Hiroshi Kirino yang merupakan kepala konsorsium dan juga pengendara mobil ini mengatakan ia merasakan sensasi menyenangkan saat melakukan pengetesan.

"Saya merasakan sedikit getaran ketika kendaraan melayang. Tapi secara keseluruhan, saya menikmati sensasi yang menyenangkan," ucap Kirino.

Ia menambahkan bahwa tes yang mereka lakukan telah "berjalan dengan sukses."

Baca Juga: Uber Siap Wujudkan Transportasi Mobil Terbang, Gandeng Hyundai

Sejak tahun 2021, konsorsium yang dikenal dengan Okayama Kurashiki Mizushima Aero & Space Industry Cluster Study Group (MASC) telah menguji coba pesawat tanpa awak.

Namun, percobaan penerbangan kali ini merupakan uji coba berawak yang dilakukan di luar ruangan pertama.

Source : NIKKEI Asia

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest