Follow Us

Bard, Pesaing ChatGPT Buatan Google Ternyata Sebarkan Misinformasi

Maulani Mulianingsih - Kamis, 09 Februari 2023 | 12:30
Ilustrasi ChatBot AI Google Bard yang akan menjadi pesaing chatGPT
The Chainsaw

Ilustrasi ChatBot AI Google Bard yang akan menjadi pesaing chatGPT

Nextren.com - Bard, pesaing ChatGPT yang diciptakan oleh Google mengunggah sebuah iklan ke Twitter utnuk memamerkan model AI.

Namun sayangnya saat memulai debutnya di Twitter tersebut, Bard justru malah menampilkan informasi palsu tentang James Webb Space Telescope (JWST).

Jika dari debutnya di Twitter saja, teknologi chatbot tersebut sudah menampilkan misinformasi, hal tersebut bisa menjadi indikasi jika teknologi tersebut bisa saja menjadi jauh lebih buruk.

Baca Juga: Google Akan Luncurkan Bard Pesaing ChatGPT Dalam Beberapa Minggu Lagi

Dalam iklan tersebut, yang diunggah berupa GIF pendek menunjukkan tanya jawab dengan Bard.

Dalam unggahan tersebut pertanyaannya adalah “Penemuan baru apa dari Teleskop Luar Angkasa James Webb yang dapat saya ceritakan kepada anak saya yang berusia 9 tahun?”.

Kemudian Bard menjawab "JWST mengambil gambar pertama dari sebuah planet di luar tata surya kita. Dunia yang jauh ini disebut 'planet ekstrasurya'. Exo berarti 'dari luar."

Meskipun informasi yang diberikan sedikit dan informasi mengenai Exo planet tepat, namun informasi yang mengatakan JWST mengambil gambar pertama dari sebuah planet di luar tata surya kita adalah informasi yang salah.

Informasi yang benar adalah Very Large Telescope (VLT) European Southern Observatory pada tahun 2004 dan informasi tersebut telah dikonfirmasi oleh NASA.

Baca Juga: Bill Gates Sebut ChatGPT Bisa Jadi Guru Sampai Penyair, Ancam Manusia?

Source : Engadget

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest