Follow Us

Jadi Generasi Paling Melek Teknologi, Begini Karakteristik dan Kebiasaan Gen Z

Fathia Yasmine - Senin, 30 Januari 2023 | 15:51
Ilustrasi Gen Z
DOK. Shutterstock

Ilustrasi Gen Z

Fotokita.net – Selain masuk dalam jajaran generasi termuda dengan rentang usia 9-26 tahun, generasi Z atau Gen Z juga menjadi kelompok masyarakat yang paling melek terhadap teknologi.

Hal ini disebabkan karena generasi Z telah menjumpai teknologi sejak lahir sehingga mampu mengaplikasikan berbagai perangkat teknologi dengan maksimal.

Karena tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi, hampir sebagian besar Gen Z bergantung dengan smartphone, laptop, hingga perangkat teknologi lainnya.

Paparan teknologi ini pula yang membuat Gen Z mampu melakukan multitasking alias bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu. Misalnya, menggunakan komputer, memainkan sosial media, dan mendengarkan musik dalam satu waktu yang sama.

Di kehidupan sehari-hari, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan khusus yang membedakan mereka dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

Baca Juga: Ini 3 Sticker Add Yours Paling Banyak Dipakai Gen Z di Instagram Selama 2022

  1. Susah lepas dari smartphone
Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah lekat dengan smartphone. Pasalnya, selain digunakan sebagai sarana berkomunikasi, perangkat ini juga kerap dimanfaatkan sebagai media untuk melepas bosan.

Alhasil, karena terbiasa memakai smartphone di segala kegiatan, perangkat ini jadi sering dibawa ke berbagai tempat, termasuk kamar mandi.

  1. Hobi gonta-ganti gadget
Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Enggak heran, banyak Gen Z cukup gemar berganti smartphone, laptop, atau aksesoris gadget dalam waktu singkat.

Untuk menemukan jenis smartphone atau perangkat teknologi yang tepat, Gen Z juga lebih mengandalkan review dari influencer di media sosial sebagai referensi mereka.

Baca Juga: Mayoritas Millenial dan Gen Z Konsumsi Berita Dari Platform TikTok

  1. Gemar belanja dan pergi ke tempat hits
Sebagai generasi yang peduli akan kesehatan mental, kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Editor : Sheila Respati

Latest