Follow Us

3 Modus Penipuan APK Baru di WhatsApp, Bisa Kuras Rekening!

Dok Grid - Kamis, 04 Januari 2024 | 12:58
Ilustrasi penipuan APK di WhatsApp
FMT

Ilustrasi penipuan APK di WhatsApp

Nextren.com - Belakangan ini penipuan online dengan berbagai modus tengah merebak dengan cepat di masyarakat.

Di awal bulan Januari saja sudah ada tiga kasus dengan modus penipuan APK yang menggemparkan masyarakat.

Ketiganya dilakukan melalui aplikasi pesan yang sama yaitu, WhatsApp namun, dengan tiga metode yang berbeda.

Buat yang belum tahu, APK (Android Package Kit) adalah format file untuk menyimpan aplikasi Android yang berisi semua komponen yang dibutuhkan aplikasi.

File ini dapat diunduh dari internet dan diinstall pada perangkat Android untuk menjalankan aplikasi layaknya yang ada di toko aplikasi seperti Play Store.

Namun, banyak orang yang menggunakan format aplikasi ini untuk menyebarkan virus malware yang akan melakukan sniffing di hp korbannya.

Baca Juga: Cara Melihat Akun yang Keluar Grup WhatsApp Diam-diam, Ketahuan Nih!

Sniffing sendiri adalah metode untuk menyadap jaringan komputer atau ponsel dan mencuri informasi yang diterima melalui jaringan tersebut.

Pelaku dapat penyusup dan menggunakan alat atau aplikasi sniffing untuk mengambil informasi dari korban, seperti kredensial, data pribadi, atau informasi transaksi finansial.

Dengan begitu mereka dapat menggunakan informasi yang dicuri untuk menjalankan hp dan mengambil uang dari rekening korbannya.

Namun untuk mengakses ponsel korban, penipu harus menginstall aplikasi berjenis APK ke dalam ponsel korban terlebih dahulu

Penipu biasanya menggunakan hal ini dengan mengirim pesan WhatsApp yang berisi aplikasi dalam format APK melalui berbagai modus.

Editor : Nextren

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest