Follow Us

Cara Membersihkan HP dari Aplikasi Penipuan Online, Tak Perlu Panik!

Gama Prabowo - Kamis, 03 Agustus 2023 | 14:22
Illustrasi HP yang telah disusupi aplikasi penipuan online
Shutterstock

Illustrasi HP yang telah disusupi aplikasi penipuan online

Nextren.com - Perkembangan teknologi menuntut kita untuk lebih waspada karena banyak muncul modus penipuan online baru dengan metode yang lebih canggih.

Salah satu modus terbaru yang sedang ramai diperbincangkan adalah penipuan online menggunakan aplikasi berbahaya.

Kerap disebut sebagai modus penipuan online 'Cek Resi', pelaku penipuan online jenis ini bisa menguras saldo m-banking dalam waktu singkat tanpa memerlukan OTP ataupun kode pin korban.

Hal tersebut dikarenakan pelaku memanfaatkan aplikasi berbahaya yang dapat membaca data penting pengguna yang tersimpan di smartphone.

Lantas, bagaimana jika pengguna terlanjur menginstal aplikasi penipuan online tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini tim Nextren akan membagikan tips membersihkan HP dari aplikasi penipuan online.

Tips ini bersumber dari channel YouTube developer Android Mr.Bert yang kerap membahas cybersecurity di perangkat mobile.

Baca Juga: iPhone Kebal Penipuan Online via Aplikasi Cek Resi Kurir, Ini Penyebabnya!

Cara Membersihkan HP dari Aplikasi Penipuan Online

Mr.Bert dalam videonya mengungkapkan bahwa ada 2 cara yang dilakukan untuk membersihkan HP dari aplikasi penipuan online.

Cara pertama efektif dilakukan ketika pengguna belum memberi izin atau permission kepada aplikasi untuk mengakses data pribadi pengguna seperti kamera, sms, galeri, dll.

Jika pengguna terlanjur menginstal tapi balum memberi permission, pengguna bisa menguninstal aplikasi dan data aplikasi secara biasa melalui pengaturan.

Setelah itu, restart hp seperti biasa tanpa perlu melakukan factory reset.

Editor : Nextren

PROMOTED CONTENT

Latest