Nextren.com - YouTube baru saja mengumumkan bahwa para kreator akan dapat menghasilkan pendapatan iklan di YouTube Shorts mulai 1 Februari 2023.
Ini merupakan bagian dari kelanjutan pembaruan sumber pendapatan YouTubemelaluiYouTube Shorts yang masuk dalam Program Mitra YouTube terbaru.
Melansir dari The Verge, pembaruan monetisasi YouTube ini mengharuskan semua kreator yang tergabung dalam program untuk menandatangani persyaratan perjanjian baru. (10/1/2023)
Perjanjian ini bersifat wajib untuk semua anggota, baik mereka ingin menghasilkan uang dari Shorts atau tidak.
Sebelumnya, para kreator hanya bisa menghasilkan uang dari Shorts melalui Super Chats, integrasi belanja, dan dana kreator yang disediakan oleh perusahaan.
Baca Juga: YouTube Tambahkan Insight Short terbaru pada Creator Insider
Namun, ini tidak sebaik skema monetisasi TikTok yang secara langsung membagi pendapatan iklan dengan kreator.
Sebenarnya, YouTube telah melakukan hal ini selama bertahun-tahun untuk video tradisional dan kini juga akan diterapkan untuk YouTube Shorts.
Sehingga, pengguna bisa berbagi pendapatan iklan YouTube Short untuk tambahan uang mereka.
YouTube menyatakan bahwa mereka menghadirkan sistem modular untuk persyaratan program mitra.
Ini merupakan sistem dimana setiap orang yang tergabung dalam program harus menandatangani perjanjian dasar.
Perjanjian ini menentukan konten apa yang bisa diposting dan bagaimana sistem pembayaran bekerja.