Follow Us

Jaringan 3G IOH Telah DIhentikan, Ini Langkah Selanjutnya di 2023

Zihan Fajrin - Rabu, 04 Januari 2023 | 19:00
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjelaskan langkah selanjutnya setelah jaringan 3G dimatikan.
Zihan Fajrin

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menjelaskan langkah selanjutnya setelah jaringan 3G dimatikan.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menghadirkan media conference pencapaian selama satu tahun setelah merger menjadi satu perusahaan antara Indosat Ooredoo dan PT Hutschison 3 Indonesia. (4/1)

Dalam acara yang digelar di kantor IOH, Jakata Pusat tersebut, diungkapkan langkah selanjutnya setelah jaringan 3G dimatikan di Indonesia.

Pematian jaringan 3G sendiri tak hanya dilakukan oleh IOH tetapi beberapa provider seperti XL dan Telkomsel juga akan melakukan hal yang sama.

Baca Juga: Persiapan IOH di Libur Tahun Baru 2023, Perkuat Jaringan Demi Konsumen

Indosat Ooredoo Hutchison pada 15 Juli 2022 dilaporkan telah menonaktifkan jaringan 3G di daerah Jabotabek, mengutip Kompas.com.

Selain itu perusahaan telekomunikasi ini juga menargetkan akan menonaktifkan jaringan 3G secara keseluruhan di akhir tahun 2022.

Namun, menurut keterangan M Danny Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, mengatakan masih ada sedikit lagi yang belum pindah ke jaringan 4G.

"Iya 2022 targetnya mati semua (jaringan 3G), tapi di 2023 hanya ada sedikit sisa, karena kita fokus terhadap integrasi kenapa masih belom dimatikan," ujar Danny.

Meski begitu, pihak IOH secara service atau layanan sudah menganggap jaringan 3G mati atau tidak digunakan lagi.

"Tapi intinya secara service kita sudah tidak menganggap 3G ada, karena spektrumnya sangat dibutuhkan untuk 4G," tambah Danny.

Setelah penghentian jaringan 3G tentunya terdapat pertanyaan kelanjutan pengguna 3G IOH, begini penjelasannya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest