Follow Us

Google Memperkenalkan Enkripsi End To End untuk Gmail di Web, Bakal Lebih Aman!

Maulani Mulianingsih - Senin, 19 Desember 2022 | 14:00
Ilustraasi Gmail

Ilustraasi Gmail

Nextren.com - Google mengumumkan telah menambahkan end-to-end encryption pada gmail untu versi website.

Dengan begitu Google mengizinkan pengguna Google Workspace yang terdaftar untuk mengirimkan dan menerima email yang terenkripsi.

End-to-end encryption pada gmail ini sudah tersedia untuk pengguna Google Drive, Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Google Meet, dan Google Kalender (beta).

Setelah End-to-end encryption diaktifkan, Gmail akan memastikan setiap data sensitif yang dikirimkan pada pada body email, header email atau lampiran tidak dapat didekripsi oleh server Google.

Dilansir dari bleepingcomputer.com, Google menjelaskan pada websitenya bahwa pengguna dapat menggunakan kunci enkripsi pada data organisasi dengan menggunakan enkripsi default yang disediakan oleh Google Workspace.

Dengan End-to-end encryption Google Workspace, setiap konten yang terenkripsi akan ditangani di browser sebelum data apa pun dikirim atau disimpan di penyimpanan berbasis cloud Drive.

Dengan begitu, server Google tidak dapat mengakses kunci enkripsi dan mendekripsi data penggunanya.

Kamu dapat memilih Google Workspace yang mana yang dapat membuat konten terenkripsi dan membagikannya secara internal atau eksternal.

Baca Juga: Sebentar Lagi Login Gmail dan YouTube Tak Cukup Password, Apa Alasannya?

Namun sayangnya fitur ini baru hanya tersedia pada Gmail versi beta untuk Pelanggan Google Workspace Enterprise Plus, Education Plus, dan Education Standard.

Fitur ini juga belum tersedia untuk pengguna dengan Akun Google pribadi atau Google Workspace Essentials, Business Starter, Business Standard, Business Plus, Enterprise Essentials, Education Fundamentals, Frontline, dan Nonprofits, serta pelanggan lama G Suite Basic dan Business.

Source : Bleeping Computer

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest