Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.
Nextren.com - Saat ini, berkampanye untuk perusahaan atau brand lebih mudah dengan adanya banyak fitur serta taktik marketing yang lebih efektif.
Bagi kalian yang ingin menghadirkan kampanye iklan sukses di YouTube, kalian bisa lakukan tiga cara berikut ini.
Tiga cara untuk menciptakan kampanye iklan yang menarik di YouTube ini diberikan langsung oleh perusahaan. (27/10)
Baca Juga: YouTube Akan Pisahkan Tab Short, Live dan Video Panjang, Makin Rapi!
Hal yang perlu brand lakukan dalam menciptakan kampanye iklan ialah memanfaatkan multi format di YouTube sesuai tujuan marketing yang dikehendaki.
YouTube saat ini hadir dengan dua format bentuk video, yaitu video panjang dan juga video pendek.
Bagi brand mungkin bisa memanfaatkan kedua format untuk menjangkau target audiens lebih luas.
Lalu cara kedua untuk kampanye iklan sukses di YouTube ialah melibatkan audiens atau penonton.
Baca Juga: 25 Juta Orang Menonton YouTube Lewat TV Mereka, Kebanyakan di Ibu Kota
Cara melibatkannya ialah dengan mengaitkan dengan pengalaman pribadi mereka, sehingga mereka dapat memahami intisari dari setipa pesan yang disampaikan.
Sebagai contoh, YouTube mengatakan kampanye Blibli Inspirasi Pasti Jadi, memanfaatkan sepenggal peristiwa kehidupan mengenai keinginan melengkapi kebutuhan rumah dan mengaitkannya dengan kemudahan belanja melalui aplikasi. Ada juga contoh lainnya.
Kampanye Aqua #AQUADULU, YouTube mengatakan iklan tersebut mampu menghadirkan momen keseharian yang sangat relevan untuk mengingatkan orang Indonesia untuk minum air pada saat-saat tertentu.
Cara membuat iklan sukses di YouTube ialah membangun kolaborasi yang otentik dengan konten kreator.
YouTube mengingatkan, dalam membangun kolaborasi yang otentik dengan content creator, penting untuk menemukan kompatibilitas antara brand dan content creator.
Ada beberapa alasan hal ini dianjurkan oleh YouTube, yaitu pembuat konten YouTube akan membawa komunitas dan kustomisasi ke tingkat berikutnya.
Baca Juga: Sinopsis Web Series Kalau Jodoh Takkan Kemana di Chanel YouTube IOH
Itulah sebabnya ketika mereka berkolaborasi dengan brand akan tercipta karya yang luar biasa, ungkap YouTube.
YouTube juga bisa melihat ada dua sisi keuntungan yang didapat jika brand mengajak konten kreator untuk berkolaborasi.
Bagi brand, memilih seseorang yang relevan dengan target audiens sama pentingnya dengan menemukan pembuat konten yang memiliki nilai yang sama dengan identitas atau brand message.
Dan bagi kreator, penting untuk tetap autentik dengan kepribadian mereka saat mewakili sebuah brand karena audiens juga mendambakan relevansi dan kenyamanan dari pembuat konten favorit mereka.
Baca Juga: YouTube Hadirkan Fitur Pinch to Zoom dan Navigasi Video Baru, Keren!
Jadi menurut kalian iklan YouTube mana yang terbaik sobat Nextren? (*)