25 Juta Orang Menonton YouTube Lewat TV Mereka, Kebanyakan di Ibu Kota

Jumat, 28 Oktober 2022 | 17:01
piqsels

25 juta orang nonton YouTube lewat TV di rumah mereka.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - YouTube mengumumkan insight terbaru mereka bahwa 25 juta orang di Indonesia menonton streaming YouTube lewat TV mereka.

Hal ini diumumkan oleh YouTube pada saat acara Brandcast 2022, acara marketing tahunan dari YouTube.

Brandcast 2022 mengatakan dari lebih 25 juta orang tersebut 80 persen orang di kota-kota besar seperti ibu kota menonton YouTube di televisi mereka di rumah.

Baca Juga: Sinopsis Web Series Kalau Jodoh Takkan Kemana di Chanel YouTube IOH

Menonton YouTube lewat TV di rumah disebut sebagai Connected TV dan ternyata banyak sekali masyarakat Indonesia yang memiliki smart TV.

YouTube mencatat 87% pemilik smart TV menonton YouTube di Connected TV, dan hal ini telah mengubah cara orang Indonesia mendefinisikan TV.

Karena 74% responden survei mengatakan bahwa YouTube adalah TV ketika mereka menyaksikannya di layar televisi.

YouTube juga menjelaskan beberapa hal yang mereka streaming di YouTube lewat TV mereka.

Baca Juga: YouTube Hadirkan Fitur Pinch to Zoom dan Navigasi Video Baru, Keren!

Tiga vertikal konten teratas yang biasa mereka tonton adalah musik, hiburan, serta video tentang kesehatan fisik dan mental.

Pertumbuhan Shorts sejak diluncurkan pada tahun 2021 juga dibahas, channel yang mengupload video Shorts dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Menurut laporan Culture and Trends YouTube 2022, 59% konsumen Gen Z menggunakan YouTube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.

"Mulai dari live streaming konser, video Shorts yang menyenangkan, hingga menonton Connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari," ujar Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing, Google Indonesia.

Masyarakat Menonton YouTube Selama 24 Jam

Pada Februari 2022, YouTube mencatat masyarakat Indonesia rata-rata menonton YouTube selama 26,4 jam per bulan di aplikasi Android.

Baca Juga: Cara Berbagi Potongan Video YouTube Di HP, Gak Perlu Ribet Loh!

Menurut data YouTube, pada Q1 2022, watch-time (year-on-year, or YoY) tumbuh secara signifikan untuk video tim sepak bola Indonesia naik 400% YoY, video renovasi naik 70% YoY, dan watch-time untuk video Motivasi Kebugaran Wanita naik 100% YoY.

Adapun Yolanda mengatakan mulai dari awareness hingga action, hubungan yang mendalam ini memberi peranan yang jelas dan bernilai kepada brand di sepanjang perjalanan konsumen.

Channel YouTube atau brand dapat dengan mudah menggunakan fitur kampanye atau iklan di YouTube.

"Dengan alat berkelas dunia yang dimiliki oleh Google, Anda punya cara tanpa batas untuk menceritakan kisah brand Anda, merencanakan campaign berikutnya dengan tepat, dan mengukur hasilnya untuk memaksimalkan upaya marketing," jelas Yolanda.

Baca Juga: Video Terpanjang di YouTube, Ada Streaming Hingga 36 Jam

Di Indonesia, kini ada lebih dari 1.300 channel yang memiliki lebih dari satu juta subscriber (naik 30% year-on-year dari tahun 2021) dan ada lebih dari 16.200 channel yang memiliki jumlah subscriber lebih dari 100 ribu (naik 35% sejak 2021). (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya