Follow Us

Analis Sebut Harga SSD dan RAM Berpotensi Melonjak Tinggi, Ini Penyebabnya!

Gama Prabowo - Selasa, 11 Oktober 2022 | 20:00
Micron mengumumkan dua seri SSD baru untuk klien, yakni Micron 2300 dan Micron 2210. Keduanya hadir dalam form factor M.2.
Dok. Micron

Micron mengumumkan dua seri SSD baru untuk klien, yakni Micron 2300 dan Micron 2210. Keduanya hadir dalam form factor M.2.

Nextren.com - Akhir tahun 2022 ini nampaknya menjadi momen terbaik untuk berbelanja komponen elektronik seperti RAM dan SSD.

Pasalnya, harga RAM dan SSD lebih terjangkau menjelang akhir tahun 2022.

Selain itu, hasil analisis terbaru dari TrendForce menyebutkan bahwa harga RAM dan SSD berpotensi melonjak tinggi beberapa waktu mendatang.

Baca Juga: Terungkap, Inilah Jenis dan Kapasitas RAM iPhone 14, Lebih Kencang!

Sebuah laporan dari perusahaan analis pasar TrendForce menggambarkan masalah serius terkait kondisi industri komponen memori.

Menurut laporan tersebut, harga memori pada akhir tahun lalu memaksa perusahaan Micron dan Kioxia untuk mengurangi produksi memori DRAM dan NAND.

Artinya, harga rendah komponen RAM dan SSD ini hanya akan berumur pendek sebelum nantinya melonjak kembali.

Bagi kamu yang belum tau, Micron merupakan salah satu dari 3 supplier besar memori komputer selain Samsung dan SK Hynix.

Dilansir dari PCGamer, perusahaan ini bertanggung jawab untuk memproduksi 95% chip RAM.

Faktanya, Micron telah melakukan pengurangan produksi yang berarti chip RAM akan semakin langka dan bakal lebih mahal di masa mendatang.

Baca Juga: Cara Memilih 3 Jenis SSD untuk Laptop, Penting Saat Mau Upgrade!

Alasan Micron mengambil langkah pengurangan produksi adalah karena pasar elektronik konsumen yang lebih lemah daripada yang diharapkan.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest