Follow Us

Ruang Virtual dan Avatar Cerdas Alibaba dan JP Games di Metaverse

Maulani Mulianingsih - Kamis, 06 Oktober 2022 | 21:00
Alibaba Cloud dan JP Games bekerjasama menciptakan ruang virtual di metaverse
Press Release

Alibaba Cloud dan JP Games bekerjasama menciptakan ruang virtual di metaverse

Nextren.com - Alibaba Cloud bekerjasama dengan JP Games meluncurkan ruang virtual dan avatar cerdas di Metaverse yang diumumkan pada Alibaba Cloud Summit 2022 di bulan September.

Alibaba Cloud merupakan perusahaan teknologi digital dan intelegensi dari Alibaba Group, sedangkan JP Games merupakan studio pengembangan game yang terkemuka di Jepang.

Atas kerjasama yang dilakukan, JP Games berharap Alibaba dapat mendukung pembuatan ruang virtual dengan cloud inovatif dan teknologi AI milik Alibaba Cloud.

Alibaba Cloud dan JP Games akan meluncurkan ruang virtual 3D dengan grafik berkualitas tinggi dan foto lanskap 2D.

Baca Juga: 5 Produk Terbaru Alibaba Cloud di Sektor Keuangan: Dari Verifikasi Online, Layanan Uji Aplikasi Hingga Blockchain

Hal lain yang menarik dari peluncuran ruang virtual ini, yaitu pembuatan avatar secara otomatis hanya dengan foto dengan mengambil foto selfie.

Avatar juga bisa dipersonalisasi melalui pakaian yang disesuaikan agar unik dan mudah diingat.

Bukan hanya itu, pada layanan ruang virtual ini, mereka akan mengembangkan berbagai fitur komunikasi seperti obrolan teks, suara antar avatar dan layanan rendering cloud jarak jauh.

Hal tersebut memungkinkan pengguna menjelajahi metaverse tanpa perlu mengunduh aplikasi dan hanya menggunakan browser seperti chrome.

Baca Juga: Jack Ma, Bos Besar Alibaba Group Menghilang Setelah Kritik Pemerintah

Pada layanan ini mereka menggunakan 'RIV Technology' sebuah fitur dari framework metaverse-nya yang dapat diskalakan dengan algoritma AI multimodal untuk pemrosesan visual, ucapan, dan bahasa.

Pada peluncuran ruang virtual ini Alibaba Cloud juga didukung dengan teknologi yang komprehensif.

Teknologi tersebut meliputi komputasi, AI dan analitik digital, pemodelan 3D, rendering jarak jauh, AR/VR hingga asisten virtual.

Bukan hanya itu Alibaba Cloud juga telah melakukan open source untuk OpenKruise Game, sebuah jaringan game dengan solusi cloud-native yang dapat mendukung pengembagan global.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest