Follow Us

Belasan Pejabat Senior Indonesia Jadi Target Software Mata-mata Israel Tercanggih: Termasuk Airlangga Hartarto, Diplomat dan Militer

None - Jumat, 30 September 2022 | 16:33
Ilustrasi Hacker
Tech - ThaiVIsa

Ilustrasi Hacker

Nextren.com - Baru saja kasus kebocoran data Bjorka mulai mereda, muncul kembali kabar upaya pembobolan informasi terhadap para pejabat di Indonesia.

Puluhan pejabat senior pemerintah dan militer Indonesia pada tahun lalu menjadi sasaran perangkat lunak mata-mata yang dirancang perusahaan pengawasan Israel.

Hal ini diungkap oleh sembilan orang yang mengetahui masalah tersebut.

Seperti dilansir dari laporan ekslusif Reuters, enam dari orang tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa mereka sendiri yang menjadi sasaran.

Baca Juga: Ngeri! Cukup Tahu Nomor, Dalam 5 Menit Seluruh Isi Hape Terlihat Pakai Spyware Israel Ini

Target tersebut antara lain Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto, personel senior militer, dua diplomat regional, dan penasihat di Kementerian Pertahanan dan Luar Negeri Indonesia.

Enam pejabat dan penasihat Indonesia yang menjadi target mengatakan kepada Reuters bahwa mereka menerima pesan email dari Apple Inc pada November 2021.

Isi email memberi tahu mereka bahwa Apple yakin para pejabat sedang "ditargetkan oleh penyerang yang disponsori negara."

Apple belum mengungkapkan identitas atau jumlah pengguna yang ditargetkan. Perusahaan masih menolak berkomentar.

Apple dan peneliti keamanan mengatakan, bahwa penerima ditargetkan menggunakan ForcedEntry, sebuah perangkat lunak canggih yang telah digunakan vendor pengawasan siber Israel NSO Group.

Tujuannya untuk membantu agen mata-mata asing dari jarak jauh dan tanpa terlihat mengendalikan iPhone.

Perusahaan cyber Israel lainnya, QuaDream, telah mengembangkan alat peretasan yang hampir identik.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest