Follow Us

Fitur Pesan SOS di iPhone 14, Kirim ke Satelit Saat Sinyal Operator Hilang

Wahyu Subyanto - Jumat, 09 September 2022 | 12:59
Aplikasi Apple Emergency SOS, bisa kirim pesan ke satelit saat sinyal operator hilang
(Apple)

Aplikasi Apple Emergency SOS, bisa kirim pesan ke satelit saat sinyal operator hilang

Nextren.com - iPhone 14 Series telah resmi hadir pada Kamis (8/9/2022) jam 00.00 WIB. Salah satu fitur baru di iPhone 14 yang menarik adalah konektivitas satelit.Dengan fitur itu, pengguna bisa mengirimkan panggilan darurat atau pesan SOS meskipun kondisinya tidak terhubung ke jaringan internet atau seluler. Pesan SOS yang dikirim bukan berupa suara ataupun teks, tetapi pesan berupa “sinyal” ke layanan darurat atau pihak berwajib, terkait kondisi dan lokasi pengguna. Fitur pesan SOS ini tentu berguna saat pengguna mengalami cidera di lokasi yang sulit dijangkau, misalnya terjebak di hutan, tersesat saat mendaki gunung, atau kecelakaan di tengah laut.Semua model iPhone 14 sudah dibekali chipset nirkabel agar koneksi ke satelit tersebut bisa dilakukan.

Baca Juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Meski Hape Mati atau Kuota Data Habis, Penting Saat Darurat!Fitur ini merupakan kerjasama Apple dan Globalstar, sebuah perusahaan operator konektivitas satelit konvensional yang hanya mengandalkan frekuensi tertentu dan memakai antena khusus. Jadi untuk memakai fitur pesan SOS ini, pengguna harus memakai aplikasi dan mengarahkan iPhone 14 ke arah satelit di langit.Untungnya iPhone mempermudah mencari arah satelit, dengan memberi navigasi lokasi satelit.Setelah hape diarahkan ke satelit, maka akan muncul pertanyaan “What’s the emergency” alias “Apa keadaan darurat (yang dialami)?”. Laly akan muncul beberapa pilihan kondisi darurat, seperti masalah kendaraan, sakit atau cedera, kriminalitas, tersesat atau terjebak di suatu tempat, hingga kebakaran. Informasi darurat yang dipilih itu akan dikirimkan ke layanan darurat atau ke sistem pihak berwenang. Selain itu, akan dikirim pula persentase baterai. lokasi, dan informasi medis. Data yang dikirim memang minim, tujuannya agar proses pengiriman pesan lebih cepat, dilansir dari Tech Crunch, Kamis (8/9/2022). Maka waktu pengiriman pesan mungkin memakan waktu sekitar 15 detik saja. Namun waktu pengiriman bisa hingga beberapa menit, jika kondisi lingkungan pengirim ada banyak pohon dan penghalang, serta iPhone sulit diarahkan ke satelit.Fitur pesan SOS ini baru hadir di Amerika Serikat, dan akan dipeluas ke Kanada November 2022 mendatang. Di AS proses pengiriman pesan harus sesuai aturan “Public Safety Answering Points” (PSAP), yaitu layanan pusat panggilan darurat ataupun tidak darurat yang dimiliki kepolisian, pemadam kebakaran, ambulans, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Hutang Pulsa untuk Nomor XL, Penting Saat KepepetBagaimana jika pesan SOS terkirim ke layanan darurat tanpa sistem PSAP? Untungnya Apple menyediakan stasiun lokal di lokasi tertentu sebagai perantara dari pesan SOS tersebut. Layanan pesan SOS itu akan dibuat gratis selama dua tahun. Sebelumnya, fitur pengiriman pesan SOS ini sudah hadir di smartwatch Apple, dan berhasil menyelamatkan nyawa beberapa orang penggunanya. Salah satunya seorang pria yang terapung di tengah laut karena terseret ombak 4 Km dari pantai utara Sydney, Australia.Pria itu mengambil langkah cepat dengan langsung membuat pesan SOS untuk meminta bantuan. Sekitar 30 menit kemudian, datang bantuan menyelamatkan pria tersebut.

Baca Juga: Cara Telepon dan SMS Tanpa Pulsa ke Sesama Telkomsel, Penting Saat Darurat!Di kasus lainnya, seorang wanita terperangkap di sungai es, Sungai Colombia, Oregon, Amerika Serikat. Dia terjebak di sungai karena kakinya tersangkut bebatuan di dasar sungai saat sedang berenang. Setelah mengirim pesan darurat, wanita tersebut berhasil diselamatkan, meski ditemukan kelelahan dan hipotermia (kedinginan).Jadi fitur SOS Apple ini memang sangat membantu kepolisian dan medis untuk penyelamatan korban.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest