Follow Us

Harga Bitcoin dan Kripto Lain Anjlok, Pasca Pidato Bos Bank Sentral AS

Wahyu Subyanto - Minggu, 28 Agustus 2022 | 20:46
Ilustrasi harga Bitcoin anjlok
Coinpage

Ilustrasi harga Bitcoin anjlok

Nextren.com - Para pemilik aset kripto masih belum bida bernafas lega. Pasalnya Bitcoin sebagai lokomotif mata uang kripto masih terus menunjukkan trend penurunan.Bahkan harga Bitcoin sudah anjlok ke level terendah dalam sebulan terakhir, pasca pernyataan Jerome Powell, Ketua Federal Reserve atau The Fed. Data CoinMarketCap pada Minggu (28/8) pukul 20.35 WIB, harga Bitcoin ada di US$ 19.967,34 atau anjlok 6,82% dalam 7 hari terakhir. Pidato Powell di Simposium Ekonomi The Fed di Jackson Hole, Wyoming, AS, menyatakan untuk menggandakan kebijakan moneter ketat.

Dalam pidato tersebut, Powell memperjelas langkah The Fed akan kembali menaikkan suku bunga acuan demi menahan laju inflasi.

Kenaikan bunga akan diberlakukan pada beberapa bulan mendatang dan dipertahankan tetap tinggi. "Suku bunga yang lebih tinggi, pertumbuhan yang lebih lambat dan kondisi pasar tenaga kerja yang lebih lemah akan menurunkan inflasi.

Hal ini juga membawa penderitaan bagi rumah tangga dan pebisnis," kata Powell, dikutip dari Bloomberg, Minggu (28/8). Powell mengakui bahwa pengendalian inflasi akan merugikan sektor rumah tangga dan bisnis di Amerika, tetapi dia berpendapat itu adalah harga yang pantas dibayar.

Sebab, kegagalan untuk memulihkan stabilitas harga justru akan memberi dampak lebih besar.Keputusan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) apakah akan menaikkan suku bunga 50 atau 75 basis poin pada pertemuan September nanti akan "tergantung pada totalitas data yang masuk dan prospek yang berkembang," kata Powell, seperti dikutip CoinDesk.

Baca Juga: Pelaku Kriminal Deep Web dan Dark Web Terdampak Anjloknya Harga Mata Uang KriptoMenurut Edward Moya, Analis Pasar Senior Oanda, para trader harus mengantisipasi, apakah penghindaran risiko akan mendorong harga Bitcoin turun ke level US$ 20.000. dan ternyata benar."Aset berisiko sedang berjuang karena perjuangan Powell melawan inflasi akan tetap agresif, bahkan saat itu akan memicu perlambatan ekonomi," sebut Moya kepada CoinDesk. Sebagian besar mata uang kripto alternatif (altcoin) juga jatuh setelah pidato Powell, dengan Ethereum menjadi salah satu pecundang terbesar, dengan merosot menjadi US$ 1.475,14. Kemudian, dalam seminggu terakhir Solana turun 11,80% ke posisi US$ 31,62, Dogecoin juga melorot 8,21% jadi US$ 0.06349, Avalanche anjlok 12.69% ke US$ 19.95, dan Shiba Inu anjlok 7.2% ke US$ 0,00001227.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest