Follow Us

Inilah Bentuk Indomaret Pertama Kali yang Dibuka Hanya Untuk Karyawan, Tampilannya Sederhana Banget

Wahyu Subyanto - Jumat, 10 Juni 2022 | 21:00
Toko Indomaret pertama tahun 1988 masih sangat sederhana
Indomaret

Toko Indomaret pertama tahun 1988 masih sangat sederhana

Nextren.com - Hari gini siapa tak kenal Indomaret? Toko kebutuhan sehari-hari ini selalu ada di sekeliling kita, bahkan hingga di pelosok desa.Namun tidakkah kalian penasaran seperti apa toko Indomaret pertama kali saat berdiri?Dilansir dari situs resmi Indomaret, sejarah toko berawal niat untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan.Maka pada tahun 1988 didirikan sebuah gerai yang diberi nama Indomart, bukan Indomaret seperti sekarang. Lokasinya berada di Ancol, Jakarta Utara.Sejalan pengembangan operasional toko, perusahaan tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja.

Baca Juga: Inilah Kripik Terpedas di Dunia dan Harganya, Cuma Nyicip Irfan Hakim Langsung AmbrukUntuk itu beberapa orang karyawan ditugaskan untuk mengamati dan meneliti perilaku belanja masyarakat. Kesimpulannya, masyarakat cenderung memilih belanja di gerai modern karena alasan kelengkapan pilihan produk yang berkualitas, harga yang pasti dan bersaing, serta suasana nyaman.Berbekal pengetahuan mengenai kebutuhan konsumen, keterampilan pengoperasian toko dan pergeseran perilaku belanja masyarakat ke gerai modern, maka didirikan Indomaret pertama kali, dengan badan hukum PT. Indomarco Prismatama.Awalnya, konsep Indomaret berupa gerai yang dekat hunian konsumen, menyediakan berbagai kebutuhan pokok maupun kebutuhan sehari- hari, melayani masyarakat umum yang bersifat majemuk, serta memiliki luas toko sekitar 200 m2.Seiring perjalanan waktu dan kebutuhan pasar, gerai terus ditambah di berbagai kawasan perumahan, perkantoran, niaga, wisata dan apartemen. Data Maret 2022, Indomaret memiliki jumlah gerai toko sebanyak 19.891 di seluruh Indonesia.

Komposisi gerainya adalah 40% gerai milik mitra waralaba serta 60% gerai milik PT Indomarco Prismatama. Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai tersebut berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest