Nextren.com - Libur hari raya Idul Fitri tahun 2022 ini benar-benar fenomenal, dengan jumlah pemudik terbanyak sepanjang sejarah mudik Indonesia.
Sekitar 85 juta orang di seluruh Indonesia melakukan perjalanan antar wilayah untuk mudik, dengan jumlah terbanyak di pulau Jawa.
Ditambah lagi mereka yang tidak mudik namun berlibur ke berbagai tempat wisata, membuat kemacetan panjang terjadi di mana-mana.
Kondisi seperti itu tentu mendongkrak penggunaan internet lewat smartphone atau perangkat mobile lainnya.
Salah satu operator yang mencatat peningkatan trafik penggunaan data di sepanjang masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, adalah XL Axiata.
Baca Juga: Wajib Tahu, 3 Fitur Baru Google Maps Ini Bisa Memperlancar Mudik Kamu Loh!
Data dari Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, antara 24 April – 7 Mei 2022 terlihat kenaikan trafik layanan data secara nasional sebesar 33% lebih tinggi, dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya, dan 11% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.
Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari diperbolehkannya masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan berlibur, setelah dua tahun sebelumnya hal tersebut dilarang karena terjadinya pandemi. Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, dalam keterangannya kepada Nextren (08/05) mengatakan, “Setelah dua kali Lebaran masyarakat kebanyakan tidak bisa melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman, Lebaran tahun ini dipenuhi suasana eforia masyarakat di berbagai daerah.
Hal ini bisa dilihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.
"Akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi, yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk saling berbagi kegembiraan. Kami di XL Axiata bersyukur bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan selama masa liburan yang penuh kegembiraan ini,” uajr Gede. Gede menambahkan, pola penggunaan berbagai jenis layanan data oleh pelanggan XL Axiata selama libur Lebaran ini bisa menggambarkan semakin maksimalnya masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan sarana digital untuk berbagai keperluan sehari-hari.
Selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan data secara nasional didominasi oleh streaming yang mencapai 52%, disusul oleh social network sebesar 42%.
Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan.