Follow Us

Layani Lonjakan Tinggi Arus Mudik Masyarakat, XL Axiata Tambah 50 Unit Mobile BTS di Titik Penting

Wahyu Subyanto - Selasa, 03 Mei 2022 | 11:18
Direktur XL Axiata, I Gede Darmayusa, Huawei Account Director untuk XL Axiata , Catherine Guan dan Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik berkunjung ke ruang monitoring  Customer Experiece and Service Operation Center XL Axiata di Jakarta, Minggu (1/5).
XL

Direktur XL Axiata, I Gede Darmayusa, Huawei Account Director untuk XL Axiata , Catherine Guan dan Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik berkunjung ke ruang monitoring Customer Experiece and Service Operation Center XL Axiata di Jakarta, Minggu (1/5).

Nextren.com - Antusiasme masyarakat Indonesia untuk mudik tahun ini sangatlah tinggi.

Rasa kangen yang luar biasa akan saudara di kampung halaman setelah 2 tahun dilarang mudik akibat pandemi, membuat lonjakan arus mudik tertinggi sepanjang sejarah kita.

Untuk melayani lonjakan pemudik tersebut, operator seluler XL Axiata memastikan jaringannya siap menghadapi liburan panjang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Selain kapasitas jaringan telah ditingkatkan sebesar 2x dibanding hari normal, XL Axiata juga telah menyiapkan tim jaringan, baik di pusat monitoring Customer Experience and Service Operation Center (CESOC) di XL Axiata Tower maupun di lapangan.

Tim jaringan akan berjaga selama 24 jam sehari hingga masa liburan berakhir.

Baca Juga: Cara Cek Kemacetan Lalu Lintas secara Online via CCTV, Akses di Link Berikut Menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, lebih dari 50 unit mobile BTS juga telah dikerahkan untuk memperkuat jaringan di sejumlah titik krusial.

Penguatan jaringan ini menjadi fokus, karena potensi terjadinya lonjakan trafik melebihi hari normal terutama di sepanjang jalur transportasi utama dan area-area tujuan wisata, serta di pusat-pusat keramaian seperti terminal, stasiun, bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hingga tempat nongkrong populer. Kami memperkirakan kenaikan trafik bisa mencapai 10-30% dibanding hari normal. Gede menambahkan, eforia masyarakat untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman tahun ini akan sangat memengaruhi kenaikan trafik penggunaan layanan data dan telekomunikasi.

Apalagi setelah dua kali lebaran, pandemi menghalangi masyarakat untuk mudik.

Beberapa ruas tol baru kini bisa dilalui untuk mudik, demikian juga muncul banyak destinasi wisata baru.

Belum lagi, berita di media massa maupun informasi di medsos seputar mudik, akan semakin memicu masyarakat untuk mudik atau setidaknya ikut berlibur. Meskipun Jawa menjadi fokus utama penguatan jaringan, namun wilayah di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok juga mendapatkan perhatian.

Apalagi, jalur transportasi darat di Sumatera juga semakin baik dengan keberadaan beberapa ruas tol baru yang memudahkan arus mudik ke berbagai provinsi.

Untuk memastikan kesiapan jaringan di luar Jawa, peningkatan kapasitas jaringan juga mencakup di provinsi-provinsi utama.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest