Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin
Nextren.com -Memperingati hari Kartini, Tokopedia mengungkapkan data terbaru tentang inovasinya untuk mendorong perekonomian Indonesia.
Tokopedia mengatakan terus mengedepankan inklusivitas demi memberikan kesempatan yang setara kepada masyarakat untuk mencapai lebih sekaligus mendorong pemulihan ekonomi negeri.
Setara dalam hal ini ialah tidak melihat gender dan fisik dari talenta digital.
Baca Juga: 5 Cara Cegah Bibir Kering dan Pecah-Pecah Karena Puasa, Tips Dokter Kardiana Dewi
"Siapa pun talenta digital terbaik, baik perempuan, laki-laki, orang tua, difabel dan masih banyak lagi, punya kesempatan yang sama untuk berkarya bagi Indonesia lewat Tokopedia," ujar Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia.
Khusus untuk para perempuan pegiat UMKM di Tokopedia naik 2,5 kali lipat di 2021 dibandingkan 2020.
Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan menjadi beberapa kota dengan peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM paling tinggi di 2021.
Pemilik Dekayu dan Diet Special Needs adalah contoh Kartini pegiat UMKM lokal di Tokopedia.
Kisah dari kedua pengusaha ini memiliki nilai untuk menjadi inspirasi bagi para perempuan lainnya.
Pemilik Dekayu, Yaniar Fernanda (Nia), asal Yogyakarta, memberdayakan sejumlah pengrajin kayu sekaligus ibu rumah tangga di Dusun Gemawang, Desa Putat, Gunungkidul.
Dekayu menghasilkan berbagai peralatan makan serta dekorasi rumah khusus dari kayu jati dan serat alam lainnya.