Follow Us

Cara Kerja Teknologi Modifikasi Cuaca, Cegah Hujan di Sirkuit MotoGP Mandalika

Wahyu Subyanto - Minggu, 20 Maret 2022 | 19:33
ilustrasi teknologi modifikasi cuaca
Lifeboat

ilustrasi teknologi modifikasi cuaca

Nextren.com - Hari ini saat gelaran MotoGP, sirkuit Mandalika dilanda hujan deras, lalu berhasil berhenti cukup lama, dan hujan turun kembali.

Di balik proses pemindahan hujan tersebut, ada upaya yang dilakukan secara ilmiah oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan secara magis oleh pawang hujan.

Secara teknologi, BRIN menggelar operasi teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, sesuai permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pasalnya, peringatan dini dari BMKG wilayah NTB menyebutkan adanya potensi hujan lebat dengan petir dan angin puting beliung.

Upaya yang dilakukan BRIN adalah memakai teknologi modifikasi cuaca.

Baca Juga: Motor Alex Rins Terbakar di MotoGP Mandalika Jadi Tren Medsos, Ini Penyebabnya

Operasi teknologi modifikasi cuaca di Mandalika terselenggara dengan dukungan 1 Unit armada pesawat Casa 212-200 dari Skadron 4 TNI AU Lanud Abdulrahman Saleh Malang.

Upaya modifikasi cuaca diawali dengan analisa data cuaca setiap hari bersama BMKG, dan memonitor pertumbuhan awan dari radar untuk menentukan strategi penyemaian awan.

"Jika sudah terpantau ada pertumbuhan awan potensial hujan yang bergerak menuju daerah target, kami segera melakukan persiapan sorti penyemaian untuk mempercepat proses hujan, supaya lebih dulu jatuh sebelum mencapai daerah target,” ujarnya dilansir kompas.com.

Menurut Koordinator Lab Pengelolaan TMC, Budi Harsoyo, operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di Mandalika ini bertujuan untuk mengurangi curah hujan (rain enhacement).

Tak hanya untuk acara besar seperti MotoGP, ternyata teknologi Modifikasi Cuaca juga mulai banyak dipakai untuk acara kenegaraan, mitigasi banjir dan pengamanan pembangunan infrastruktur nasional.

Apa itu teknologi modifikasi cuaca?

Editor : Nextren

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular