Follow Us

Makin Diminati, Tokopedia Beberkan 5 Cara untuk Memulai Karier di Bidang IT

Fathia Yasmine - Sabtu, 19 Maret 2022 | 11:15
Menara Tokopedia
Dok. Tokopedia

Menara Tokopedia

Nextren.com – Kemajuan teknologi digital kerap disebut akan menghapus banyak lapangan kerja. Akan tetapi, di sisi lain, sejumlah bidang pekerjaan di industri ini juga akan membutuhkan semakin banyak talenta.

Laporan "The Future of Jobs Report 2020" memperkirakan pekerjaan di industri teknologi diperkirakan akan semakin banyak dibutuhkan dalam lima tahun mendatang, antara lain analis data, spesialis transformasi digital, dan pengembangan desain produk.

Seiring dengan hal tersebut, perkembangan teknologi digital juga mendorong minat semakin banyak orang untuk berkarier di bidang ini.

Namun, kendati lowongan pekerjaan semakin banyak, mendapatkan pekerjaan di industri ini pun bukan hal yang mudah. Pasalnya, tidak jarang perusahaan mensyaratkan kemampuan tertentu kepada pelamar kerja agar bisa diterima.

Baca Juga: Perbandingan Harga dan Spek iPad Air 5 vs iPad Pro 2021, Mending Mana?

Kondisi inilah yang menjadi perhatian perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia. Sebagai upaya untuk mendorong karier kaum muda, Tokopedia bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) mengadakan Tokopedia NextGen pada Kamis, (17/3/2022).

Sebagai informasi, Tokopedia NextGen merupakan program inkubasi Tokopedia yang diperuntukkan bagi pelajar Indonesia untuk lebih memahami dunia digital dan mendukung pemerataan pengetahuan melalui teknologi.

Dalam acara bertema "Serba-Serbi Dunia Manajemen Produk dan Desain Produk" tersebut, Product Design Lead Tokopedia Adze Ganesha, Lead Product Manager Tokopedia Priscilla Rasmana, dan Senior UX Researcher Tokopedia Michael Kendro hadir sebagai pembicara.

Ketiganya membagikan lima tips untuk memulai karier di dunia teknologi digital, khususnya di bidang pengembangan dan desain produk. Berikut rinciannya.

Baca Juga: Gadis Asal Solo Tersesat di Hutan Hingga Jam 11 Malam, Gara-gara Ikuti Google Maps

  1. Pelajari keterampilan dasar
Bidang pengembangan dan desain produk memiliki peran vital dalam keberlangsungan usaha perusahaan. Untuk itu, Adze menyebut, diperlukan kemampuan untuk memahami kebutuhan pengguna sehingga produk yang dikeluarkan tepat guna.

Editor : Wahyu Subyanto

Latest