Follow Us

Paques Kenalkan PQL, Bahasa Pemrograman Powerful Karya Anak Bangsa

Wahyu Subyanto - Kamis, 10 Maret 2022 | 16:22
Ilustrasi tampilan dashboard Paques
way

Ilustrasi tampilan dashboard Paques

Nextren.com – Big Data saat ini adalah isu penting yang menjadi perhatian utama, dan diharapkan bisa memberikan manfaat lebih luas.

Namun pemanfaatan data dalam bisnis saat ini masih terbilang kurang efisien meskipun kesadaran mengenai pentingnya data itu sendiri sudah cukup tinggi.

Terkait hal tersebut, Paques sebagai salah satu penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, hari ini (10/3) mengadakan Bincang Big Data – Take a Peek in Your Data, Know Your Business.

Ini adalah sebuah acara diskusi komprehensif yang membahas seputar pentingnya pemanfaatan data secara efisien dalam bisnis, sekaligus memperkenalkan PQL (Paques Query Language), bahasa pemrograman buatan Paques dengan keunggulan pada kecepatan dan kemudahan yang ditawarkan.

Acara yang digelar secara virtual ini menghadirkan Benni Adham selaku CEO & Product Creator Paques dan menggandeng Pakar Teknologi Informasi terkemuka Onno W. Purbo serta Wahyudi Chandra Purnama selaku General Manager Network Service Assurance, Telkomsel Sumbagsel.

Baca Juga: 6 Tren Teknologi 2019, Saat Ekosistem Digital Berbasis Data Sangat Berkuasa

Para pembicara memaparkan pemanfaatan Big Data di industri Telekomunikasi pada era 5G.

Solusi Paques dirancang untuk menghadapi masalah inefisiensi pengolahan data, menyediakan kecepatan dan kemudahan bagi pengguna bisnis guna mempercepat waktu pemasaran.

Pengolahan data yang umumnya merupakan proses yang kompleks dapat dikerjakan hanya menggunakan satu platform dengan performa tinggi oleh Paques, menggunakan bahasa pemrogaman yang dibuat sendiri, yaitu PQL (Paques Query Language) dilengkapi Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing yang mana adalah core dari Paques itu sendiri.

Selain itu, bahasa pemrogaman buatan Paques ini memungkinkan pengguna tanpa kemampuan koding untuk mengoperasikan Paques secara mudah lewat fitur drag-and-drop, secara praktis dan signifikan dapat menyederhanakan proses data analitik pengguna bisnis.

“Paques memungkinkan data yang masuk secara apa adanya langsung dapat diolah dengan cepat, dengan teknologi yang kita buat sendiri yaitu Distributed Asynchronous Parallel Pipeline Processing, menghasilkan data yang dapat dipresentasikan dengan cepat untuk users” – Benni Adham, CEO & Product Creator Paques

Pemanfaatan data sebagai bentuk pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis atau data driven merupakan pokok dari materi presentasi yang dibawakan Onno W. Purbo.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest