Follow Us

Sinyal 3G Semua Operator di Indonesia Akan Dimatikan, Ini Penyebabnya

None - Selasa, 01 Maret 2022 | 20:30
BTS Operator
kompas

BTS Operator

Nextren.com - Kabar sinyal 3G segera dimatikan oleh Kominfo, makin mendekati kenyataan.

Kajian mendalam tentang rencana penghapusan sinyal 3G di seluruh Indonesia, dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Desember 2021 lalu.

Lalu Telkomsel mengawali penghapusan sinyal 3G lewat pengumuman pada Januari 2022, untuk melakukan migrasi seluruh layanan jaringan 3G ke jaringan 4G LTE, mulai tahun 2022 ini.

Migrasi jaringan 3G Telkomsel ke 4G ini, tentu akan mematikan sinyal 3G.

Nah di Indonesia, jaringan 3G masih diandalkan sebagian masyarakat untuk mengakses internet lewat hape.

Baca Juga: Cara Scan QR Code PeduliLindungi Tanpa Internet, Penting Saat Hilang Sinyal

Jadi apa maksud dan tujuan sinyal 3G di Indonesia dimatikan?

Alasan dibalik rencana penghapusan sinyal 3G di Indonesia itu, dibuka oleh juru bicara (Jubir) Kominfo Dedy Permadi dan dua pengamat telekomunikasi, Moch S. Hendrowijono dan Ian Yosef M. Edward.

Teknologi 3G sudah tua

Menurut Dedy, alasan utama sinyal 3G di Indonesia harus dimatikan adalah agar operator seluler dapat memberikan layanan broadband seluler dan digital yang lebih baik ke pelanggan, yaitu menggunakan jaringan 4G LTE, bukan lagi teknologi lawas seperti 3G.

"Sebab jaringan 3G masih memiliki kendala berupa kecepatan yang kurang maksimal, ketidakstabilan sinyal, dan kapasitas layanan yang kurang memadai," kata Dedy.

Bahkan pengamat telekomunikasi Moch S. Hendrowijono mengatakan bahwa penghapusan jaringan 3G di Indonesia seharusnya sudah dilakukan lebih awal, yaitu semenjak beberapa tahun lalu.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest