Follow Us

Fitur Kamera Portrait Akan Jadi Andalan Smartphone OPPO di Tahun 2022

Ida Bagus Artha Kusuma - Kamis, 20 Januari 2022 | 19:12
Portrait dengan HP OPPO
bagus

Portrait dengan HP OPPO

nextren.com - Jargon selfie expert sempat menjadi tagline andalan OPPO pada beberapa tahun silam dan membuat perangkat - perangkat lekat dengan fitur kamera depan.

Namun jargon ini mulai ditinggalkan pada tahun 2019 untuk meyakinkan pasar bahwa kemampuan kamera OPPO tidak hanya unggul di kamera depan namun juga di kamera belakang untuk mengambil foto.

Di tahun 2022 ini, OPPO melalui Reno series akan menghadirkan fitur unggulan yang terus dikembangkan berdasarkan kecerdasan buatan terutama portrait pada tahun ini.

“Setelah jargon ‘Selfie Expert’ yang menjadi identitas merek yang paling kuat di 2016hingga 2019, OPPO berfokus pada kualitas keseluruhan perangkat kameranya. Melalui lini seri Reno, OPPO berupaya menghadirkan fitur unggulan yang terus dikembangkanberdasarkan kecerdasan buatan terutama portrait. Semakin lama kemampuan portrait pada smartphone akan semakin disukai pengguna dan akan menjadi fitur favorit padasmartphone di tahun 2022,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia pada acara OPPO RENO Portrait Workshop
bagus

ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia pada acara OPPO RENO Portrait Workshop

Untuk mengembangkan fitur portrait yang semakin baik, ada 3 elemen penting dari sebuah smartphone yaitu prosesor pengolah grafis, sensor kamera, danSistem pengolahan gambar.

Prosesor pengolah grafis biasanya merujuk pada Neural Processing Unit (NPU), yang mampu mengolah gambar dengan kecerdasan buatan sehingga menampilkan hasil yang lebih baik.

Komponen yang satu ini cukup penting karena mencakup kecerdasan buatan untuk pengembangan kemampuan portrait pada smartphone.

NPU ini biasanya berada di chipset bawaan yang ada di smartphone OPPO baik dari Mediatek ataupun Qualcomm, meskipun OPPO sendiri pernah mengembangkan NPU sendiri yang disebut MariSilicon X.

Baca Juga: Perangkat 5G Baru OPPO Bakal Meluncur di Indonesia Kuartal 1 2022

Sedangkan untuk sensor, OPPO telah berkolaborasi dengan produsen terkemuka dalam bidang ini yaitu Sony yang terwujud dalam fasilitas R&D di Jepang.

Salah satu hasilnya adalah sensor SONY IMX 709, sebuah sensor RGBW yang disebut 60% lebih sensitif cahaya dan 35% pengurangan noise dibandingkan sensor yang dipakai di Reno6 Pro.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest