Follow Us

Lebih Dari Bokeh, Ini Fungsi Lain Fitur Mode Portrait di Kamera HP

Ida Bagus Artha Kusuma - Jumat, 14 Januari 2022 | 20:00
Mode Portrait di OPPO RENO6
bagus

Mode Portrait di OPPO RENO6

Laporan wartawan nextren, Ida Bagus Rai Arthakusuma

nextren.com - Saat ini smartphone sudah dibekali dengan kamera yang cukup mumpuni dan sebagain besar memiliki mode portrait di luar mode foto yang sering digunakan pengguna.

Mode portrait ini dihadirkan oleh sejumlah produsen untuk membantu pengguna yang ingin menghasilkan foto yang lebih menarik dengan berbagai macam efek seperti kamera profesional.

Namun seiring perkembangan jaman, fitur portrait ternyata memiliki fungsi dan fitur yang cukup bervariasi dan cerdas.

Pada awalnya, fitur portrait diciptakan bagi konsumen yang ingin menciptakan foto dengan efek kedalaman atau yang populer disebut "bokeh".

Efek bokeh ini dapat dengan mudah diartikan sebagai foto dengan latar blur namun objek tetap tajam yang dapat menghasilkan efek kedalaman seperti mengambil foto dengan kamera dan lensa aperture besar dan focal length yang panjang.

Beberapa tahun lalu untuk menghasilkan foto dengan efek kedalaman, pengguna perlu menggunakan kamera bersensor besar, zoom yang jauh, dan mampu mengatur fokus secara manual agar hasilnya sempurna dan rapih.

Namun belakangan ini mulai tren fitur yang dapat membuat efek bokeh secara instan di smartphone mulai dari kelas atas sampai bawah berkat fotografi komputasional.

Dengan berkembangnya kecerdasan buatan, smartphone dapat menciptakan efek bokeh dari sebuah foto tanpa menggunakan perangkat yang mahal dan besar.

Mode Portrait seperti inilah yang sering dijual oleh sejumlah merek dengan nama portrait mode atau beberapa lebih senang menyebutnya sebagai portrait saja.

Baca Juga: Nextren Editor Choice 2021 Hasil Video Mantap : OPPO Reno6

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest