Follow Us

Chip Snapdragon Seri Terbaru Bisa Intip Aktivitas Pengguna Lewat Kamera Depan

Gama Prabowo - Jumat, 03 Desember 2021 | 11:00
Ilustrasi kamera depan
(KOMPAS.com/Bill Clinten)

Ilustrasi kamera depan

Nextren.com - Ancaman terhadap privasi pengguna berpotensi muncul di HP yang menggunakan chipset Snapdragon seri terbaru, Snapdragon 8 Gen 1.

1 Desember lalu, Qualcomm resmi meluncurkan chipset flagship terbarunya, Snapdragon 8 Gen 1 dengan beberapa peningkatan spesifikasi dan fitur dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 888.

Sayangnya, ada salah satu fitur Snapdragon 8 Gen 1 yang menjadi kontroversi karena berpotensi mengancam privasi pengguna.

Baca Juga: OPPO Akan Hadirkan Smartphone Chipset Snapdragon 8 Gen1, Gercep Nih!

Fitur Snapdragon 8 Gen 1 yang berpotensi mengancam privasi pengguna adalah fitur Always-On ISP.

Fitur tersebut memungkinkan kamera depan perangkat aktif secara terus menerus untuk keperluan membuka kunci ponsel secara otomatis dengan FaceID.

Selain itu, Qualcomm mengklaim bahwa fitur Always-On ISP bisa menghindarkan pengguna dari pihak lain yang mencoba mengintip HP pengguna.

Lantas, apa potensi bahaya yang bisa ditimbulkan fitur chipset Snapdragon 8 Gen 1 ini?

Simak penjelasan di halaman berikutnya.

Kemampuan Snapdragon 8 Gen 1 yang mampu mengaktifkan kamera depan secara terus menerus dapat mengancam pricasi pengguna.

Hal tersebut dikarenakan HP denan Snapdragon 8 Gen 1 bakal terus merekam gambar melalui kamera meski HP sedang tak digunakan.

Data yang diambil oleh kamera HP chip Snapdragon 8 Gen 1 dikhawatirkan akan dibagikan ke pihak ketiga ataupun disalahgunakan.

Halaman Selanjutnya

Snapdragon 8 Gen 1
1 2 3

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya

Latest